Ditutup dengan Bamboo Rafting, Ini Keseruan NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di Loksado Kalsel

 

GAS POLL:Para peserta NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 berfoto bersama di objek wisata alam Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalsel

KANDANGAN - NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 di objek wisata alam Loksado, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan (Kalsel) ditutup dengan arung jeram bamboo rafting, Sabtu (21/9/2024) pagi. 

Belasan peserta dari komunitas dan media massa ikut serta menjajal arus Sungai Amandit menggunakan rakit yang terbuat dari bambu. 

Meskipun kondisi sungai surut, namun para peserta tetap antusias melintasi setiap jeram yang ada. 

Bahkan, tak terasa peserta berada di atas rakit sekitar kurang lebih satu jam. 

Supervisor Promosi PT STSJ Yamaha Kalselteng, Andi Rachman mengatakan tur kali ini sekaligus memperkenalkan berbagai varian motor terbaru Yamaha, salah satunya NMAX Turbo.

“Yamaha NMAX Turbo terdiri dari tiga tipe. Yakni, tipe Standar, tipe Tech Max, dan tipe Tech Max Ultimate,” ucap Andi.

Ia menyebut Yamaha NMAX Turbo memiliki sejumlah keunggulan dan fitur-fitur terbaru.

Salah satunya tampilan desain yang terlihat lebih mewah, premium, sporty, hingga penyematan fitur first class seperti TFT Infotainment Display dan juga Navigation System yang sangat mendukung aktivitas perjalanan touring.

Tak hanya itu, perubahan besar juga menyasar area dapur pacu motor yang kini telah menggunakan mesin Blue Core 155cc VVA generasi terbaru yang mengadopsi teknologi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT), sehingga mampu menghadirkan sensasi turbo saat berkendara. 

Menariknya lagi, penggunaan mesin anyar ini tidak hanya mampu menghasilkan tenaga maksimum sebesar 11,3 kW/8.000 rpm serta torsi maksimum yang naik menjadi 14,2 Nm/6.500 rpm (Torsi pada model sebelumnya adalah 13.9 Nm/6.500 Rpm), tetapi juga menyajikan beberapa fitur anyar, yakni Riding Mode dan juga Y-shift.

Dengan penambahan teknologi YECVT pada mesin Nmax Turbo membuat skutik ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang mendukung kualitas berkendara di level tertinggi. 

Yaitu, Riding Mode dengan dua pilihan berkendara yang meliputi S-Mode (untuk perjalanan jarak jauh atau touring) dan T-Mode (untuk mobilitas perkotaan) serta Y-Shift yang membantu pengendara meningkatkan akselerasi ataupun deselerasi secara instan dalam 3 tingkatan, Low (1), Medium (2) dan High (3).

"Dengan berbagai kelebihan, kami optimis banyak masyarakat yang akan membelinya,” pungkasnya.

Taklukkan Loksado

Kegiatan tur bertajuk NMAX Turbo Boemi Nusantara 2024 kembali digulirkan Yamaha dan digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel), Jumat (20/9/2024).

Kali ini, Nmax Turbo Boemi Nusantara 2024 menjajal medan terjal Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS). 

Adapun rute yang ditempuh dari Banjarmasin menuju Loksado mencapai kurang lebih 149 kilometer. 

Supervisor Public Relation PT Yamaha Indonesia, Adianto Pangaribuan mengatakan tur kali ini merupakan pengalaman berbeda dibandingkan sebelumnya. “Sebelumnya saya mengikuti Nmax Tour Boemi Nusantara 2024 di Jakarta, Surabaya, Medan, dan Kerinci.”

“Untuk Kalsel sensasinya berbeda. Track awalnya lurus, kemudian terjal mendekati Loksado,” ucap Adianto Pangaribuan kepada awak media. 

Di medan terjal ini, kata dia, fungsi dari teknologi YECVT itu sangat diperlukan. "Sehingga kita tak kehilangan momentum ketika tanjakan maupun turunan,” katanya.

Setelah ini, pihaknya akan melanjutkan Nmax Turbo Boemi Nusantara 2024 di Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim). “Kemudian kita lanjutkan ke Sulawesi khususnya Makassar,” ujarnya. 

Sejauh ini, total jarak yang ditempuh NMAX Turbo Tour Boemi Nusantara 2024 lebih dari 4.200 kilometer.

Sementara itu, General Manager Service Area Kalimantan Selatan, Tengah dan Timur, Edi Sunardi menjelaskan semua fitur dan teknologi yang disematkan di NMAX Turbo benar-benar terasa fungsinya. “Saat berkendara kita bisa merasakan bagaimana sensasi turbo itu nyata, bukan gimmick,” ungkapnya.

Belum lagi, teknologi YECVT sangat terasa terutama ketika di tikungan dan tanjakan. “Kita perlu tambahan torsi, tinggal shifting. Motor pun tiba-tiba masih punya napas untuk menanjak. Begitu juga saat turunan. Apalagi tadi rute yang cukup menantang,” jelasnya.

Gayung bersambut, anggota Komunitas Squad NMAX Kalimantan, Ridwan mengaku Nmax Turbo sangat ringan, responsif dan bertenaga. “Apalagi dengan rute yang banyak tikungan dan tanjakan,” bebernya.

Ia berharap tur ini tidak hanya memperkenalkan produk, namun juga mempererat silaturahmi sesama komunitas NMAX di Indonesia, khususnya di Kalsel.