Nusantara Baru, Indonesia Maju : Kemenkumham Kalsel Gelar Upacara Hari Kemerdekaan RI Ke-79 untuk Masa Depan Gemilang

BANJARMASIN – Kanwil Kemenkumham Kalsel menyelenggarakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 dengan tema "Nusantara Baru Indonesia Maju Tahun 2024" di halaman Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sabtu (17/8/2024).  

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman bertindak sebagai Inspektur Upacara. 

Kepala Divisi Administrasi, Candrafriandi Achmad sebagai Perwira Upacara dan Kepala Bidang Pelayanan Tahanan, Kesehatan, Rehabilitasi, Pengelolaan Benda Sitaan, Barang Rampasan Negara, dan Keamanan, Ahmad Tohari sebagai Komandan Upacara.

NAIKKAN BENDERA:Suasana upacara HUT Kemerdekaan RI ke-79 di halaman Kanwil Kemenkumham Kalsel, Sabtu (17/8/2024).

Upacara diikuti oleh Pimti Pratama, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, serta seluruh jajaran JFT dan JFU. 

Suasana khidmat menyelimuti upacara yang juga menjadi ajang refleksi atas perjalanan bangsa Indonesia selama 79 tahun merdeka.

Dalam amanatnya, Taufiqurrakhman menyampaikan sambutan Menkumham RI, Yasonna H Laoly. 

Upacara sebagai momentum bersejarah yang senantiasa menyuguhkan rasa syukur dan harapan untuk masa depan bangsa yang lebih gemilang.

“Di usia ke-79 ini, kita dihadapkan pada tantangan untuk melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pahlawan yang menginginkan Indonesia menjadi negara yang maju, sejahtera, dan berkeadilan. Marilah kita menghormati perjuangan mereka dengan melanjutkan estafet cita-cita tersebut, mewarnai kemerdekaan ini dengan memberikan sumbangsih terbaik bagi masyarakat, bangsa, dan negara sesuai dengan amanah yang telah diberikan kepada kita semua,” tegas Yasonna.

Menkumham RI juga menekankan pentingnya tema “Nusantara Baru Indonesia Maju,” yang bukan hanya sekadar slogan, tetapi memiliki makna yang mendalam. 

Tema ini merupakan seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa.

“Nusantara baru Indonesia Maju, tema ini bukan sekedar kalimat retoris, melainkan penuh makna yang mendalam. Ini adalah seruan untuk membangun fondasi yang kokoh bagi masa depan bangsa kita. Nusantara Baru adalah refleksi dari semangat gotong royong kita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang maju dan berdaya saing tinggi. Kita menyatu dalam visi dan misi bersama agar dapat mencapai tujuan bersama kemajuan dan kesejahteraan bagi seluruh rakyat Indonesia,” pungkasnya.