Cegah Karhutla, Paman Birin Pimpin Pasukan Elang

CEGAH KARHUTLA: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menyerahkan perlengkapan pemadaman kepada Tim Elang untuk membantu mengatasi Karhutla, Jumat (1/9).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)

BANJARBARU – Menghadapi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) yang semakin parah, Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor menggelar apel di Alam Roh 24, Cempaka, Banjarbaru, Jumat (1/9). Apel ini diikuti Pasukan Elang Darat Karhutla  yang beranggotakan 40 orang. Pasukan elang bertugas mencegah karhutla meluas. Caranya dengan memangkas rumput kering dan semak belukar yang rawan terbakar. Paman Birin memasangkan alat mesin potong rumput kepada perwakilan Pasukan Elang untuk menandai dimulainya pembersihan ini.

“Pada siang hari, semak belukar yang mengering rawan sekali terbakar. Diperparah oleh hembusan angin. Bahaya itu bisa dicegah dengan membersihkan rumput,” kata Paman Birin.

Ketua Pasukan Elang Darat, Febri mengatakan mereka baru saja mendapat tambahan personel dari Purna Praja IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri). “Ada 40 lulusan baru Purna Praja IPDN. Dengan semangat gotong royong kami akan membersihkan rumput yang ada,” kata Febri.

Dia memastikan, pembersihan tak hanya berlangsung di lokasi apel. Tapi juga akan menyebar ke area perkantoran pemprov di Cempaka. “Tidak akan terbatas pada satu titik saja, titik-titik rawan lainnua juga,” tambahnya.(lin/adpim)