Banua Kemarau Panjang, Pemprov Kalsel Salat Minta Hujan

KHUSYUK: Pemprov Kalsel menggelar salat Istisqa berjemaah di Masjid Al Karomah, Martapura, Kamis (7/9).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel) 

MARTAPURA – Pemprov Kalsel menggelar salat Istisqa di Masjid Al-Karomah Martapura, Kabupaten Banjar, Kamis (7/9) pagi. Salat Istisqa adalah salat sunat meminta hujan, mengingat akhir-akhir ini kondisi kemarau panjang di Banua. Bahkan, menyebabkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Salat Istisqa diimami oleh Kiai Muhammad Wildan Salman atau Guru Wildan, Pimpinan Pondok Pesantren Tahfidz Al-Quran Darussalam Martapura. Sementara, khutbah disampaikan oleh Kiai Hasanuddin Badruddin, Pimpinan Ponpes Darussalam Martapura. ”Salat Istisqa adalah sunah muakkad, artinya sangat dianjurkan. Di tengah kekeringan, ini merupakan salah satu ikhtiar,” kata Kiai Hasanuddin.

Beliau juga mengajak masyarakat untuk introspeksi diri. Sebab cobaan seperti kekeringan panjang dan kebakaran hutan, bisa jadi dipicu oleh kesombongan dan keserakahan manusia. “Mari introspeksi diri, bertobat, renungkan kesombongan yang tidak sejalan dengan ajaran Nabi Muhammad SAW dan berkomitmen untuk tidak mengulanginya lagi,” pesannya.

Dalam pidatonya, Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor yang diwakili Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar menyampaikan terima kasih kepada ulama, santri, ASN, dan warga yang hadir di masjid. “Melalui salat Istisqa ini, kami memohon kepada Allah SWT untuk keselamatan dari kemarau panjang yang melanda Banua kita,” ujarnya.

Gubernur sangat peduli terhadap dampak kemarau yang memicu kebakaran hutan dan lahan, kabut asap, penyakit ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), dan krisis air bersih. “Dengan rendah hati dan kekhusyukan, mari memohon pertolongan yang Maha Kuasa. Mudah-mudahan, Kalsel senantiasa dijaga dari segala macam bahaya, musibah, dan bencana,” tambahnya.

Paman Birin telah meminta semua Bupati dan Wali Kota di Kalsel untuk melaksanakan salat Istisqa di daerahnya masing-masing. Selain warga Martapura, salat Istisqa ini juga diikuti pegawai dan pejabat Pemprov Kalsel dan Pemkab Banjar. Salah seorang warga Martapura, Madi mengaku berdoa agar hujan deras lekas turun. “Semoga Allah SWT menurunkan berkah,” harapnya.

Di tengah-tengah jemaah perempuan, tampak istri Gubernur Kalsel, Raudatul Jannah ikut menengadahkan tangan.(lin/Adpim)