Peringati HAN 2023, Ini Pesan Paman Birin dan Istri

BERNYANYI BERSAMA: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor bersama Istri, Hj Raudatul Jannah bergembira bersama anak-anak di momen HAN 2023 di Gedung Idham Chalid, Kantor Gubernur Kalsel, Senin (28/8) pagi.(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)


BANJARBARU – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin beserta istri, Hj Raudatul Jannah bergembira bersama ratusan anak-anak Banua pada Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Provinsi Kalsel 2023 di Gedung Idham Chalid, Kantor Gubernur Kalsel, Senin (28/8) pagi. Paman Birin pun mengajak anak-anak yang hadir untuk bernyanyi bersama-sama dengan riang gembira. Tak hanya itu, Paman Birin juga memanggil beberapa anak untuk naik ke podium bernyanyi.


Selain berbaur dengan anak-anak, pada acara itu Paman Birin juga mengukuhkan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalsel, Hj Raudatul Jannah sebagai Bunda Forum Anak Daerah Kalsel. Turut hadir Danrem 101/Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto dan Ketua DPRD Kalsel, Supian HK. Serta, Forum Anak Daerah Kalsel dan ratusan anak dari perwakilan taman kanak-kanak.

Paman Birin mengatakan Bunda Forum Anak daerah tentunya dapat mengambil peran strategis dalam memberikan panduan dan arahan kepada forum anak. Sehingga, lebih meningkatkan potensi kemampuan anak-anak yang bergabung dalam forum anak maupun anak anak secara menyeluruh di Kalsel. “Pemprov Kalsel berkomitmen terus mendorong terwujudnya kebijakan kabupaten/kota layak anak. Sehingga, terwujud provinsi layak anak, yang pada akhirnya akan mewujudkan Indonesia layak anak. Daerah yang layak bagi anak pada akhirnya akan menjadikan daerah tersebut layak bagi seluruh komponen masyarakat,” ujarnya.

Menurut Paman Birin, Forum Anak Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, berhasil memperoleh penghargaan sebagai forum anak terbaik di Indonesia Tengah pada penghargaan data forum anak Award 2023. Penghargaan ini merupakan apresiasi kepada forum anak yang aktif, kreatif, dan inovatif dalam menjalankan perannya sebagai pelopor dan pelapor untuk memastikan tercapainya pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. Serta, keterlibatan anak dalam proses perencanaan pembangunan. Tahun 2023 ini pula, Kalsel terpilih sebagai provinsi layak anak dan menjadi satu-satunya provinsi penerima penghargaan ini di pulau Kalimantan.

Pada peringatan HAN 2023 ini, Paman Birin menyerahkan penghargaan piala dan piagam kepada Forum Anak Daerah dan Puskesmas Layak Anak, yaitu Puskesmas Kelua Tabalong dan Kambat Utara Hulu Sungai Tengah. Penandatanganan kesepakatan bersama antara Pemprov Kalsel dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel dan Badan Narkotika Nasional (BNN) tentang pemenuhan hak anak, perlindungan, serta penanganan perempuan dan anak.(lin/syh/adpim)