Ini Pertimbangan Gerdayak Berikan Medali Kehormatan kepada Paman Birin

BERBAUR: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor berfoto bersama anggota Gerdayak se-Kalsel di Mahligai Pancasila, Kamis (27/7).(foto: Adpim Pemprov Kalsel for Radar Banjarmasin)  

BANJARMASIN
– Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin dianugerahi Medali Kehormatan Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Indonesia atas perhatian yang besar terhadap organisasi ini. Piagam dan medali kehormatan pun diserahkan Ketua DPN Gerdayak Indonesia, Yansen A Binti kepada Paman Birin yang hadir didampingi sang istri, Hj Raudatul Jannah di Mahligai Pancasila Banjarmasin pada Kamis (27/7).

Selain itu, Yansen juga mengalungkan tanda kehormatan Gerdayak disertai pemberian cenderamata senjata khas dayak Mandau. Penyerahan dilakukan pada Pelantikan Dewan Pimpinan Provinsi Gerakan Pemuda Dayak (Gerdayak) Kalsel dan pelantikan Dewan Pimpinan Kabupaten/Kota Gerdayak se Kalsel.

Paman Birin dalam sambutannya mengatakan warga Banjar dan Dayak ternyata tersebar di banyak provinsi. Itu diketahuinya setelah berjumpa di banyak daerah di Indonesia, saat bersilaturahmi dan mengukuhkan Kerukunan Bubuhan Banjar (KBB). “Kebanggaan pemuda Dayak adalah kebanggaan pemuda Banjar, dan itu adalah kita semua,” ujar Paman Birin.

Gerakan pemuda Banjar ujar Paman Birin lagi, menjadi komitmen bersama untuk tetap berpegang teguh pada NKRI. Dan tekad ini dituangkan dalam teks Proklamasi Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan. Turut hadir di acara ini, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK dan Kepala Kanwil Kementerian Agama Kalsel H Muhammad Tambrin, dan Ketua Tim Staf Khusus Gubernur Kalsel, H Noor Aidi, Ketua DPN Gerdayak Indonesia, Yansen A Binti beserta rombongannya.

Sementara itu, Yansen A Binti dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Paman Birin, atas dukungannya terhadap masyarakat dayak di Banua. Termasuk dukungan untuk kegiatan pelantikan pengurus di tingkat Kabupaten/Kota ini. Sehingga, dapat terlaksana dengan lancar. Atas perhatian inilah, pihaknya diberikan apresiasi melalui Anugerah Medali Kehormatan Gerdayak Indonesia kepada Paman Birin. 

Sementara, Ketua DPP Gerdayak Kalsel, Ahmad Murjani juga menyampaikan terima kasih atas perhatian dan komitmen Paman Birin terhadap komunitas ini. Ia berharap, keberadaan Gerdayak di Kalsel, dapat memberikan manfaat bagi masyarakat di banua dan memberikan dampal positif dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kepada pengurus di tingkat kabupaten kota yang dilantik, diingatkan agar menjaga semangat berjuang dan memupuk kebersamaan.

Ketua DPK yang dilantik yakni Rony (Kota Banjarmasin), Budi Kurniawan (Kota Banjarbaru), Maulana Iskandar (Banjar), Ahmad Yusi (Kabupaten Tanah Laut), Nurjemah (Kabupaten Barito Kuala), Muhammad Efendy (Kabupaten Tanah Bumbu), Muhammad Ihsan (Kabupaten HSS), Muliadi (Kabupaten HST), dan Arie Kurniawan (Kabupaten Tabalong).(lin/adpim)