Komitmen Perhatikan Penerapan K3, Paman Birin Raih Penghargaan ke-8 Kalinya

KESELAMATAN KERJA: Penghargaan K3 diserahkan Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah kepada Paman Birin melalui Asisten Pemerintahan Kesra Setdaprov Kalsel, Nurul Fajar Desira di Jakarta, Kamis (22/6).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)

JAKARTA – Apresiasi patut diberikan kepada Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin. Berkat perhatiannya di bidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) , Paman Birin kembali menerima Anugerah Pembina Penghargaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Terbaik Tahun 2023 dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI). Yang istimewa, ini merupakan penghargaan ke delapan kalinya secara berturut-turut yang diterima Paman Birin sejak 2016.

Penghargaan K3 diserahkan secara langsung Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah kepada Paman Birin melalui Asisten Pemerintahan Kesra Setdaprov Kalsel,  Nurul Fajar Desira di Jakarta, Kamis (22/6). Penghargaan ini diterima atas peran dan komitmen Paman Birin dalam mendorong dan membina pelaksanaan K3 di wilayah Kalsel.

Menurut Paman Birin, penghargaan ini merupakan bukti sinergitas dari seluruh jajaran yang terlibat dalam mengarahkan perusahaan di wilayah Kalsel agar terus mematuhi penerapan sistem manajemen K3. “Saya berharap penghargaan ini menjadi motivasi berbuat lebih banyak lagi untuk keselamatan kerja di Banua,” sebutnya

Sementara itu, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kadisnakertrans) Kalsel, Irfan Sayuti bersyukur atas penghargaan K3 ini “Alhamdulillah, mulai tahun 2016 hingga 2023, Gubernur Kalimantan Selatan selalu mendapatkan penghargaan pembina K3 terbaik oleh Kemenaker,” ucapnya di Banjarmasin, Jumat (23/6/2023).

Irfan menuturkan pihaknya selalu melakukan kerja sama dengan perusahaan di Kalsel, terutama dalam penerapan K3 yang berkaitan dengan keselamatan para pekerja. “Kami selalu memotivasi setiap perusahaan agar tetap mempertahankan zero accident. Kalau perlu, tiap tahun selalu bertambah perusahaan yang tingkat kecelakaan kerjanya tidak ada,” jelasnya.

“Di tahun 2023, kecelakaan nihil atau zero accident diberikan kepada 116 perusahaan, penghargaan program pencegahan HIV – AIDS di tempat kerja diberikan kepada 54 perusahaan, penghargaan sistem manajemen K3 (SMK3) ada 14 perusahaan, penghargaan pencegahan dan penanggulangan COVID-19 sebanyak 51 perusahaan,” pungkasnya.(lin/adpim)