Peserta Kirab Sepeda Onthel dapat Hadiah Umrah dari Paman Birin

START: Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor melepas para peserta kirab onthel dalam rangka peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan, di Sirin 0 Kilometer Banjarmasin, Rabu (17/5).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)   

BANJARMASIN – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor atau Paman Birin turut dalam barisan kirab sepeda onthel yang dimulai di kawasan Siring 0 Kilometer Banjarmasin. Kirab para onthelis (sebutan untuk pecinta sepeda onthel) ini mengawali rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan di Kalsel, Rabu (17/5).

Pada pelepasan kirab onthel itu dihadiri Ketua DPRD Kalsel, Supian HK dan Plt Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kalsel, Muhammadun, serta pimpinan Forkopimda Kalsel. Sebelum melepas peserta kirab tepat di Jalan Sudirman atau depan eks Kantor Gubernur Kalsel di Banjarmasin, Paman Birin mengapresiasi kesetiaan para onthelis dalam memeriahkan HUT Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan. Setiap tahun mereka bersepeda dari 0 Kilometer sampai kilometer 20 Liang Anggang atau Makam Pahlawan Nasional Brigjen Hasan Basri di Kota Banjarbaru. Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasinya kepada para onthelis, empat orang pertama yang tiba di garis finis, akan diberikan hadiah umrah gratis.

Dikatakan Paman Birin, peringatan HUT Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan ini adalah sebuah harga yang tidak ternilai bagi rakyat Kalsel yang bisa bernapas lega di alam kemerdekaan.

Menurutnya lagi, di Indonesia hanya ada dua teks proklamasi kemerdekaan yakni teks proklamasi yang dibacakan Bung Karno pada tanggal 17 Agustus 1945 di Jakarta dan teks Proklamasi Kalimantan 17 Mei 1949 yang menyatakan Kalimantan bagian yang tak terpisahkan dari RI. “Di pulau Jawa ada Jenderal Sudirman, kita memiliki Hasan Basri yang sama jasanya, berjuang untuk rakyat Kalimantan Selatan. Oleh karena itu, Jas Merah, Jangan Sekali-kali Meninggalkan Sejarah,” ujar Paman Birin mengutip pernyataan Presiden RI pertama, Ir Soekarno.

Sementara itu, Hasan (50), Onthelis Banjarmasin mengaku bangga dan senang mengikuti kirab memeriahkan HUT Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan. “Kirab ini salah satu wujud kami para Onthelis untuk selalu mengingat jasa-jasa para pejuang, khususnya Tentara ALRI Pertahanan Kalimantan,” kata Hasan.(lin/adpim)