Luar Biasa, Pemkab HST Kembali Raih WTP

AKUNTABEL: Wakil Ketua Kabupaten HST, H Mansyah Sabri (tengah) menerima LHP dengan predikat WTP dari BPK Kalsel, Selasa (9/5/2023).(foto: Prokom Pemkab HST)

BARABAI-
Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) meraih Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), dengan predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). Raihan ini atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2022, Selasa (9/5/2023). 

            Penyerahan LHP LKPD tersebut diserahkan bersamaan kepada delapan Kabupaten/Kota lainnya di Kantor BPK Kalsel. Delapan Kabupaten/Kota tersebut adalah Kota Banjarmasin, Kabupaten Banjar, Kabupaten Tapin, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kabupaten Balangan, Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), dan Kabupaten Kotabaru.

Penyerahan LHP LKPD dilakukan oleh Kepala BPK Perwakilan Provinsi Kalsel, Rahmadi kepada Wakil Bupati Kabupaten HST, H Mansyah Sabri. Serta, didampingi Ketua DPRD Kabupaten HST, H Rachmadi dan Sekda Kabuopaten HST, Muhammad Yani. Juga, Inspektur Kabupaten HST dan Kepala BPKAD Kabupaten HST. "Alhamdulillah, berkat kerja sama yang baik seluruh Perangkat daerah dan elemen masyarakat,  Pemkab HST kembali bisa meraih WTP berdasarkan Audit keuangan  oleh BPK RI," tutur Mansyah.

Sementara itu, Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Kalsel, Rahmadi mengingatkan perolehan LHP LKPD dengan Opini WTP ini memiliki korelasi yang positif dengan kesejahteraan masyarakat. "Oleh karena itu, kami terus berupaya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dengan diiringi pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Selain itu, Rahmadi mengatakan tentunya masih ada beberapa catatan dari hasil pemeriksaan ini. Untuk itu, diharapkan tiap Pemerintah Daerah serius dengan segera menindaklanjuti rekomendasi yang telah disampaikan BPK melalui LHP dalam waktu 60 hari. "Semoga apa yang kita capai bersama, dapat bermanfaat bagi terciptanya tata Kelola Pemerintahan yang baik, transparan, dan akuntabel terhadap pengelolaan keuangan Pemerintah Daerah,” tutupnya.(lin/Prokom Pemkab HST)