Paman Birin Hadirkan Qari Muammar ZA ke Pulau Sugara

MERDU: Qari internasional asal Jakarta, KH Muammar ZA melantunkan murottal ayat Al Quran di hadapan Paman Birin dan warga Pulau Sugara, Kamis (21/4/2023).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)  

MARABAHAN – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin mengajak Qari Internasional, KH Muammar ZA dari Jakarta untuk sahur bareng dan tausiah dengan warga Pulau Sugara, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala (Batola) di Masjid Al Manar, Kamis (21/4//2023) dinihari

Pada sahur bersama di penghujung Ramadan itu, turut dihadiri Staf Khusus Gubernur,  H Achmad Maulana dan Penjabat Bupati Batola, Mujiyat. Serta, Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK, Sekdaprov Kalsel, Roy Rizali Anwar, dan KH Abdul Sani. Sejumlah kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel, tokoh agama, dan masyarakat juga hadir.

Sahur bersama pun dimulai dengan pertunjukan kesenian khas Banjar, Mamanda. Pertunjukan kesenian Mamanda ini menjadi hiburan bagi warga yang datang. Saking senangnya, warga pun tampak seksama mengikuti alur ceritanya dari awal sampai akhir.

Paman Birin dalam sambutannya mengatakan selain mengajak Qariah juara MTQ Antar Bangsa 2023 asal Kalsel, Hj Ramadhan Najwa, dirinya juga mendatangkan Qari Internasional KH Muammar ZA dari Jakarta. Paman Birin juga berharap, lahir kembali Qari/Qariah asal Banua. Sebelumnya Qari dan Qariah Kalsel berhasil menyabet dua gelar juara MTQ Nasional 2022 di Kalsel, kategori tilawah putra/putri dewasa.

Gubernur dua periode ini mengaku sangat senang bisa berkumpul bersama warga Pulau Sugara di penghujung Ramadan 1444 Hijriah untuk sahur bersama dan mendengarkan tausiah oleh KH Ahmad Supian Al-Banjari. Kemudian disambung dengan lantunan murrotal Al Quran oleh KH Muammar ZA selama 30 menit. Lalu acara ditutup dengan doa yang dipimpin KH Abdul Sani, diakhiri bersantap sahur bersama.

Muammar ZA merupakan adalah pemenang lomba (MTQ) 1981 di Indonesia maupun di luar negeri dan pada 2002. Beliau mendirikan Pesantren Ummul Quro di Cipondoh, Tangerang sebagai tempat kaderisasi Qari dan Qariah muda berkelas internasional sejak dini.

Paman Birin juga menyerahkan bantuan paket beras untuk warga setempat dan dilakukan penyerahan secara simbolis kepala Pambakal atau Kepala Desa Alalak Pulau Sugara, Ahmad Rafiq. Pambakal pun menyampaikan terima kasih kepada Paman Birin yang sudah banyak membantu masyarakat sekitar, termasuk perbaikan infrastruktur desa yang menghubungkan langsung ke Kota Banjarmasin.

Sementara itu, KH Abdul Sani yang juga tokoh di Desa Pulau Sugara menilai positif kegiatan sahur bersama disertai tausiah yang dilakukan Paman Birin pada Ramadan 1444 Hijriah ini. “Mudah-mudahan dengan kegiatan seperti ini semakin terjalin persaudaraan. Dan Allah SWT senantiasa mencurahkan rahmat, dipanjangkan umur dan disehatkan badan, bisa melaksanakan kegiatan seperti ini lagi di Ramadan mendatang,” doanya.(lin)