Buka Pasar Murah DPKP Kalsel, Paman Birin Minta Kepala SKPD Ikut Berbelanja

ANTUSIAS: Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berbelanja di Pasar Murah Ramadan DPKP Kalsel di Banjarbaru, Senin (17/4).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)


BANJARBARU – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin membuka Pasar Murah Ramadan 1444 Hijriah yang digelar Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Provinsi Kalsel, Senin (17/4). Bertempat di halaman kantor Dinas DPKP di Banjarbaru, pasar murah yang digelar sehari ini menyediakan bahan kebutuhan pokok seperti beras, daging ayam ras, telur, bawang merah, bawang putih, tepung terigu, ikan, minyak goreng, gula, dan lainnya dengan harga relatif murah.

Begitu dibuka, antusias warga untuk membeli aneka bahan kebutuhan pokok di pasar murah ini pun cukup tinggi. Stand-stand yang tersedia pun dipenuhi warga untuk membeli aneka kebutuhan pokok.

Paman Birin menyambut positif pasar murah tersebut. Pasalnya, kegiatan ini efektif membantu masyarakat, terutama yang kurang mampu, untuk bisa membeli bahan kebutuhan pokok dengan harga jauh lebih murah. “Dengan adanya pasar murah, minimal bisa menekan harga kebutuhan pokok, sehingga semakin memudahkan masyarakat,” ujarnya.

Kesempatan seperti ini ujar Paman Birin, sangat dibutuhkan pada saat bulan Ramadan ini hingga Lebaran. Apalagi, sejumlah bahan pokok dan barang cenderung mengalami kenaikan yang dipicu tingginya permintaan. “Melalui pasar murah juga, kita menumbuhkan rasa saling menolong dan membantu sesama,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Paman Birin, keberadaan pasar murah merupakan bukti tindakan nyata dalam menghadapi ancaman inflasi yang kerap terjadi setiap momentum seperti waktu mendekati Lebaran. “Masyarakat yang tergolong kurang mampu, tentunya akan merasakan dampak kenaikan harga, dan kondisi ini akan memberatkan mereka. Apalagi, saat ini mereka dihadapkan dengan keperluan lain seperti keperluan pakaian atau biaya mudik,” pesannya.

Selain ikut membeli sejumlah barang yang dijual pedagang di pasar murah Ramadan tersebut, Paman Birin juga meminta tiap kepala SKPD lingkup Pemprov Kalsel untuk berbelanja dengan nominal minimal Rp500 ribu.

Sementara itu, Kepala DPKP Kalsel, Syamsir Rahman mengatakan kegiatan yang diikuti 32 pedagang ini merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Dinas Perdagangan Kalsel, serta stakeholder lain seperti Bulog Kalsel dan Bank Indonesia (BI). “Di Pasar Murah ini, harga kebutuhan pokok yang dijual jauh lebih murah dibanding harga pasaran, karena ada subsidi pemerintah,” ujarnya.(lin)