Berbaur dengan Warga, Paman Birin Salat Ied di Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin

KHUSYUK: Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor berdoa  usai melaksanakan salat Idul Fitri 1444 Hijriyah di Halaman Masjid Raya Sabilal Muhtadin, Sabtu (22/4/2023).(foto: Biro Adpim Pemprov Kalsel)  


BANJARMASIN – Gubernur Kalsel, Sahbirin Noor atau Paman Birin membaur dengan ribuan masyarakat muslim Kota Banjarmasin dan sekitarnya, untuk melangsungkan shalat Idul Fitri 1444 Hijriyah di area parkir lapangan barat, Mesjid Raya Sabilal Muhtadin, Sabtu (22/4/2023).

Dalam kesempatan itu, Qari Internasional, KH Muammar ZA dari Jakarta bertindak sebagai imam. Sementara, khatib oleh imam Masjid Raya Sabilal Muhtadin,  KH Ilham Humaidi, dan tugas bilal dikumandangkan Aditya Rahman dan Rahimi SPd.

Paman Birin menyebutkan waktu berjalan begitu cepat dan tidak pernah kompromi walau sedetik. “Oleh karena itu, semoga Allah SWT memberikan waktunya lagi kepada kita agar dipanjangkan umur dan bertemu lagi di Idul Fitri 1445 Hijriyah,” ujar Paman Birin.

Ketua Badan Pengelola (Banlo) Masjid Sabilal Muhtadin, KH Darul Quthni menyampaikan terimakasih kepada masyarakat Kalsel yang sudah berpartisipasi dalam menyalurkan zakat dan infaq. “Semoga Kalsel dalam kondisi pasca pandemi ini menjadi lebih baik lagi,” ujarnya.

Sementara itu, KH Ilham Humaidi dalam khutbahnya menekankan soal kematian yang tidak akan bisa diketahui seseorang, kapan, dan penyebabnya. Ramadan ujarnya akan kembali tahun depan, namun tidak ada jaminan bagi siapapun bisa menemuinya kembali, tidak ada yang bisa mengendalikan waktu dan musim.

Disampaikan juga, momentum Lebaran bukan sekadar memakai pakaian baru dan perhiasan lainnya. Namun, Ramadan yang sebenarnya adalah ketika ketaatan kepada Allah SWT semakin bertambah dan segala dosa diampuni. “Istiqamahlah apa yang sudah kita jalani di bulan Ramadan, dari berbagai ibadah serta ketaatan. Jangan sampai berlalunya Ramadan, menjadikan kita berhenti melakukan nilai-nilai kebaikan,” pesan khutbahnya.(lin)