Ini Anggapan Keliru Tentang Gerhana

KHUSYUK: Suasana salat gerhana di Masjid El Rusydi SMKN 3 Banjarmasin, Selasa (8/11) malam.




BANJARMASIN-Gerhana bulan diyakini terjadi tadi (8/11) malam. Umat Muslim diserukan melaksanakan salat gerhana. Prosesi ibadah ini merupakan salah satu syariat dalam agama Islam yang sangat dianjurkan untuk ditunaikan. 

Salat gerhana bulan dilakukan usai ibadah Salat Magrib. Kemudian, diisi khotbah singkat dan dilanjutkan dengan Salat Isya. Sejumlah Masjid dan Musala di Banjarmasin melaksanakan ibadah ini secara berjemaah. Salah satunya di Masjid El Rusdi SMKN 3 Banjarmasin. 

Drs H Wahyudin MPdI yang bertindak sebagai Khatib ibadah Salat gerhana di Masjid El Rusydi menuturkan fenomena alam ini kerap dianggap keramat oleh sebagian umat Muslim. "Jangan kaitkan gerhana bulan atau gerhana matahari dengan mitos. Ini murni fenomena alam ciptaan Allah Subhanahuwata Ala, dan sebagai umat Islam wajib mengimaninya," ujar Wahyudin. 

Untuk itu, Wahyudin meminta umat Muslim agar tidak beranggapan dengan hal-hal buruk apabila terjadi gerhana. "Jangan sampai berkeyakinan apabila terjadi gerhana, maka akan timbul bencana atau musibah. Hal-hal seperti inilah yang harus diluruskan. Sebagai umat Islam harus taat terhadap syariat, yakni melakukan salat gerhana dan meyakini dengan imam bahwa fenomena alam ini merupakan kekuasaan Allah Subhanahuwata Ala," sebutnya. 

Sementara itu, Ketua Badan Pengurus Masjid El Rusydi, M Rizqon menuturkan ibadah salat gerhana ini diikuti setidaknya 100 siswa SMKN 3 Banjarmasin. "Selain perwakilan siswa, ibadah salat gerhana ini juga diikuti oleh perwakilan guru SMKN 3 Banjarmasin dan warga sekitar. Tujuannya adalah untuk melaksanakan bagian dari sunnah dan memberikan pembelajaran kepada para siswa SMKN 3 Banjarmasin. Terutama terkait praktik cara pelaksanaan ibadah salat gerhana," ujar Rizqon. 

Dituturkam Rizqon, sejak dua tahun diresmikan, ini adalah kali pertama Masjid El Rusydi menggelar ibadah salat gerhana berjemaah. "Kami berusaha semaksimal mungkin agar semua syiar Islam digelar di masjid ini. Diharapkan, para siswa SMKN 3 Banjarmasin akan semakin relijius, sehingga bisa menjadi lulusan yang berakhlak mulia," tambahnya. 

Sementara itu, Ahmad, salah satu siswa SMKN 3 Banjarmasin mengaku baru kali ini mengikuti ibadah salat gerhana. "Sebelumnya, saya hanya mengetahui tata cara salat gerhana dari guru Agama Islam di sekolah. Sekarang, baru benar-benar mempraktikkan salat gerhana berjemaah bersama teman-teman. Dan saya juga meyakini gerhana bukanlah mitos," tandasnya.(lin)