Pecatur Pelajar Adu Otak

AGENDA TAHUNAN- Para pecatur pelajar Kota 
Banjarmasin akan bertanding di ajang Kejuaraan
Catur Walikota Cup 2017 yang dilaksanakan di Siring
Tendean, 12-13 Mei ini.   
BANJARMASIN - Dalam rangka pembinaan olahraga catur di Kota Banjarmasin, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin kembali menggelar kejuaraan catur Walikota Cup. Untuk tahun ini, Dispora Kota Banjarmasin akan mempertandingkan para pecatur yang masih bersatus pelajar SD, SMP, dan SMA/Sederajat se-Kota Banjarmasin. Berlokasi di Siring Tendean 12-13 Mei ini, kejuaraan ini akan menjadi sarana asah otak bagi para pecatur pelajar di Kota Seribu Sungai.

Khairudin, Panitia Pelaksana Kejuaraan Catur Walikota Cup 2017 menjelaskan ajang ini merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Dispora Kota Banjarmasin. "Tujuannya untuk menyalurkan bakat dan minat para pecatur pelajar di Kota Banjarmasin. Selain itu, sebagai upaya untuk mencetak bibit atlet catur berprestasi bagi Kota Banjarmasin," ungkap pria yang juga perwakilan Dispora Kota Banjarmasin itu.
Dikatakan Khairudin, untuk peserta hingga saat ini sudah mencapai 120 orang. "Nomor pertandingannya antara lain catur cepat 30 menit dan catur kilat 10 menit putra maupun putri. Bagi peserta yang punya potensi prestasi, maka akan kami upayakan pembinaannya untuk menjadi atlet catur Kota Banjarmasin," sambungnya.
Sementara itu, Saiful, Sekretaris Umum Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Kota Banjarmasin mengapresiasi Dispora Kota Banjarmasin yang menyelenggarakan kejuaraan ini. "Ini menandakan Pemko Banjarmasin peduli dengan pembinaan dan pengembangan olahraga catur di Kota Banjarmasin," ujar Saiful.
Di sisi lain, Saiful menuturkan melalui ajang ini pihak Percasi Kota Banjarmasin juga sekaligus melakukan pantauan atlet catur potensial. Khususnya, untuk melengkapi skuat catur Kota Banjarmasin yang minus atlet putri untuk nomor pertandingan beregu. "Diharapkan ada yang berpotensi untuk bisa kami rekrut sebagai tim catur Kalsel di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalsel 2017 di Kabupaten Tabalong," tandasnya.(oza)

span>