Jadwalkan Pelantikan 23 Mei

Firdaus Masyori
BANJARMASIN – Susunan kepengurusn Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kalsel sudah menyusun jadwal untuk pelaksanaan pelantikan. Menurut Ketua Bidang Organisasi KONI Kalsel, Firdaus Masyori, jadwal pelantikan pengurus KONI Kalsel periode 2017-2021 akan dilaksanakan pada 23 Mei ini di Banjarmasin. Untuk lokasi, menurut Firdaus akan mengambil tempat di Mahligai Pancasila.

                Menurut Firdaus, pemilihan lokasi pelantikan sempat mengalami perubahan. Sebelumnya, GOR Hassanudin HM akan diplot sebagai lokasi pelantikan. Namun, belakangan Ketua Umum KONI Kalsel, Bambang Heri Purnama (BHP) meminta agar lokasi pelantikan dialihkan ke Mahligai Pancasila. “Instruksi BHP ini sesuai dengan keinginan Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor yang menginginkan agar pelantikan pengurus KONI Kalsel dilaksanakan di Mahligai Pancasila. Ini dikarenakan fungsi KONI Kalsel sebagai mitra pemerintah di bidang pembinaan olahraga, sehingga sudah selayaknya untuk lokasi acara pelantikan disesuaikan dengan seremoni keprotokolan Pemprov Kalsel yang biasa diadakan di Mahligai Pancasila,” ujar Firdaus kepada Radar Banjarmasin, Senin (15/5).
                Firdaus menambahkan karena dilaksanakan di Mahligai Pancasila, besar kemungkinan acara pelantikan ini akan berjalan dengan sakral dan dihadiri oleh Gubernur Kalsel. “Selain itu, kami juga akan mengundang sejumlah pejabat di lingkungan SKPD Kalsel, unsur Muspida Kalsel, serta tokoh-tokoh olahraga Kalsel. Untuk prosesi pelantikan, dijadwalkan akan dilakukan oleh Ketua Umum KONI Pusat, Tono Suratman,” sambungnya.
                Ketika ditanyakan mengenai konsep acara pelantikan KONI Kalsel, Firdaus menjelaskan tidak ada yang istimewa. “Kami sesuaikan dengan sistem keprotokolan Gubernur. Selain itu, acaranya juga dikemas secara sederhana namun tetap formal,” tambahnya.
                Di sisi lain, Hamzah Noor, salah satu tokoh olahraga Banua berharap agar para pengurus KONI Kalsel 2017-2021 bisa menjalankan fungsinya secara maksimal. “Ini penting, karena suksesnya pembinaan cabang olahraga prestasi di Kalsel sangat dipengaruhi oleh kinerja para pengurus KONI Kalsel. Semakin solid dan maksimal kinerjanya, maka diharapkan akan semakin bagus pula prestasi olahraga Kalsel,” ujar pria yang juga Ketua Umum Inkanas Kalsel ini.(oza)