Harapkan Kesembuhan Senpai Aini

BERI SEMANGAT - Ketua umum Pengda Inkanas Kalsel, 
Mohctasarul Hamzah Noor (paling kiri) kala menjenguk Senpai
Aini Morgan (dua dari kiri) yang sedang sakit.
BANJARMASIN - Ketua Pengurus Daerah Institut Karate Do Nasional (Pengda Inkanas) Kalsel, Mochtasarul  Hamzah Noor beserta sejumlah pengurus lainnya menjenguk salah seorang tokoh karate Banua, Senpai M Aini Morgan, belum lama tadi. Senpai Aini yang juga salah satu pelatih karate di Pengda Inkanas Kalsel ini sedang menderita sakit dan sudah lama tak melatih. Hamzah menjenguk Aini yang menetap di Jalan RE Marta Dinata Banjarmasin, beberapa waktu lalu.

Dari kunjungan tersebut, Hamzah menceritakan tak banyak yang bisa dilakukan oleh Aini. Semua keperluannya mengandalkan anak dan istrinya. Meski sekarang ia hanya bisa terbaring di tempat tidur, namun semangat karatenya masih kuat.
Dituturkan Hamzah, Senpai Aini Morgan adalah orang pertama di Kalsel yang mendapat mandat untuk membentuk Pengda Lembaga Karate Do Indonesia (Lemkari).
"Banyak yang belum tahu kalau beliau ini adalah Sesepuh Karate banua. Sebab, sejarah mencatat beliaulah orang yang pertama kali membawa bendera Lemkari ke Kalsel serta menerima mandat untuk membentuk Pengda Lemkari di tahun 1972," ucap Hamzah.
Di usianya yang hampir 70 tahun, Aini masih bisa menceritakan sejarah karate. Walaupun dengan ucapan terbata-bata, ingatannya masih kuat kala menceritakan sejarah awal cabang olahraga karate di Kalsel.
“Dia juga sempat cerita dapat menyandang gelar DAN pertamanya pada 1976. Yakni, setelah lulus ujian Nasional di Jawa Timur. Tak lama setelah itu, baru saya menyusul lulus ujian DAN I tahun 1978 di Malang Jawa Timur,” tutur Hamzah.
"Saat itu, cuma dua orang dari Kalsel yang menyandang gelar Sabuk Hitam DAN I, tiga tahun kemudian baru ada karateka Kalsel lainnya yang mengikuti ujian DAN di Cibubur Jakarta pada 1981," sebutnya.

Hamzah berharap dan mendoakan agar Senpai Aini sembuh dan sehat kembali. “Mudah-mudahan, Senpai Aini bisa sabar dan kuat dalam sakit. Sehingga bisa kembali melatih para karateka Kalsel,” ucapnya.(oza)