Gelar Seleksi untuk Pomnas

BERTARUNG - Pengprov Perkemi Kalsel akan
melaksanakan seleksi kenshi mahasiswa untuk 
memperkuat tim kempo Kalsel di Pomnas 2017 di
Makassar.
BANJARMASIN - Walaupun masih lima bulan lagi, Pengurus Provinsi Persatuan Kempo Seluruh Indonesia (Pengprov Perkemi) Kalsel bakal melakukan persiapan lebih awal demi menghadapi Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (Pomnas) 2017 di Makassar. Ini dibuktikan oleh Pengprov Perkemi Kalsel dengan mengadakan seleksi Kenshi (atlet kempo) mahasiswa di Gedung Pramuka Kota Banjarmasin, Minggu depan.


Sekretaris Umum Perkemi Kalsel, Sarman menjelaskan seleksi untuk Pomnas ini sengaja dilaksanakan sedini mungkin untuk mendapatkan Kenshi mahasiswa terbaik. "Pomnas memang akan digelar pada Oktober mendatang. Namun, untuk persiapan tak boleh ditunda-tunda, lebih baik dilaksanakan mulai sekarang. Lebih cepat, lebih baik, dan supaya lebih siap," ujar Sarman kepada Radar Banjarmasin, Selasa (9/5).

Dijelaskan Sarman, seleksi para Kenshi mahasiswa tersebut akan menghadirkan para Kenshi dari sejumlah dojo kampus yang ada di Kalsel. Antara lain, dari Dojo Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Dojo Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), dan Dojo Universitas Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin. "Tiga dojo kampus ini dikenal rajin ikut kompetisi dan memiliki Kenshi yang punya potensi prestasi. Namun, tidak menutup kemungkinan Kenshi dari kampus lain juga boleh ikutan seleksi, karena sebagaimana dilketahui ada beberapa Perguruan Tinggi yang tersebar di berbagai daerah di Kalsel yang juga aktif melatih para Kenshinya," ujarnya.

Selain itu, Sarman menuturkan Pomnas 2017 di Makassar merupakan debut perdana bagi para Kenshi mahasiswa. "Baru di Pomnas tahun inilah cabang olahraga kempo dipertandingkan. Sehingga, bisa dibilang peluang masing-masing daerah untuk meraih medali sama rata," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Perkemi Kalsel, Ahmad Fidayeen mengaku optimistis Kalsel bisa mendapatkan Kenshi mahasiswa terbaik untuk Pomnas 2017. "Dari beberapa kejuaraan kempo lokal yang pernah diadakan oleh Pengprov Perkemi Kalsel maupun di daerah, ada sejumlah Kenshi mahasiswa yang langganan juara. Tentunya, mereka punya peluang untuk memperkuat tim kempo Kalsel di Pomnas 2017," tandasnya.(oza)