Banjarmasin Terbanyak Sumbang Atlet Untuk Fornas 2017

JAGA KESEIMBANGAN - Enggrang menjadi salah satu cabang
olahraga yang dipertandingkan dalam Forda Kalsel 2017, akhir
April lalu. 
BANJARMASIN - Atlet binaan Forum Olahraga Rekreasi dan Masyarakat (Formi) Kota Banjarmasin nampaknya bakal mendominasi tim Kalsel pada ajang Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) 2017 yang dilaksanakan di Banjarmasin, September mendatang. Hal ini didasari oleh suksesnya tim Formi Kota Banjarmasin keluar sebagai juara umum di ajang Forda (Festival Olahraga Daerah) Kalsel 2017 yang dilaksanakan di Banjarmasin, akhir Maret lalu. Di ajang tersebut, Formi Kota Banjarmasin berhasil mengoleksi total 30 medali. Yakni, 8 medali emas, 10 medali perak, dan 12 medali perunggu.

                Ketua Umum Formi Kota Banjarmasin, Hj Titin Imran mengaku tak menyangka atlet binaan Formi Kota Banjarmasin mampu menciptakan prestasi terbaik di ajang Forda Kalsel 2017 tersebut. “Yang jelas kami merasa sangat bersyukur karena bisa mempersembahkan gelar juara umum buat Kota Banjarmasin. Kalaupun nanti para atlet Formi Kota Banjarmasin ditunjuk untuk mewakili Kalsel di ajang Fornas 2017, tentunya kami siap,” ungkap Titin.
                Titin menambahkan dominasi para atlet Formi Kota Banjarmasin di ajang Forda Kalsel 2017 ada di beberapa cabang olahraga (cabor). “Antara lain raihan medali emas yang paling banyak kami dapatkan adalah pada cabang olahraga inline skate, senam, dan tonis. Selebihnya, tersebar di beberapa cabang olahraga lain seperti enggrang, terompah panjang, dan jagongan,” sebutnya.
                Sementara itu, Ketua Umum Formi Kalsel, Hj Artuty Ramlan menuturkan para atlet Formi Kota Banjarmasin tak menutup kemungkinan bakal mendominasi kuota atlet kontingen Kalsel di ajang Fornas 2017. “Karena medali emas banyak diraih oleh atlet Banjarmasin, maka kemungkinan besar formasi kuota atlet kontingen Kalsel untuk Fornas 2017 akan didominasi oleh atlet Formi Kota Banjarmasin. Namun, untuk atlet daerah lain juga banyak yang dilibatkan, terutama atlet dari kawasan Hulu Sungai yang dominan di olahraga tradisional seperti sumpit, jagongan, dan eggrang,” ujar Artuty.
                Ditambahkan Artuty, karena ajang Fornas 2017 dilaksanakan di Banjarmasin, maka Kalsel mengusung target untuk menjadi juara umum nasional. “Setidaknya, kami akan menurunkan 250 atlet terbaik di ajang Fornas tersebut. Tinggal satu cabang olahraga lagi yang bakal melaksanakan seleksi atlet, yakni cabang olahraga airsoft gun,” tandasnya.(oza)
Perolehan Medali Forda Kalsel 2017 :
1.            Kota Banjarmasin            8              10          12
2.            HSS                                5              2              4
3.            Kota Banjarbaru              4              0              1
4.            Banjar                             3              3              3
5.            Tanbu                              2              1              1
6.            Tala                                 1              5              2
7.            Balangan                          1              3              2
8.            Tapin                               1              2              0
9.            Kotabaru                         1              0              0
10.          HSU                                0              0              1
11.          Tabalong                          0              0              0

12.          HST                                0              0              0