Minim Partisipasi Pecatur Putri

ASAH OTAK - Para pecatur pelajar se-Kota Banjarmasin
berpartisipasi dalam Kejuaraan Catur Walikota Cup 2017
di Siring Bekantan, Banjarmasin, Jumat (12/5). 
BANJARMASIN - Gelaran Kejuaraan Catur Walikota Cup 2017 yang dilaksanakan di Siring Bekantan Banjarmasin ternyata tak banyak diikuti oleh pecatur putri. Berdasarkan data dari panitia, dari sekitar 64 peserta yang terdaftar, hanya sekitar delapan pecatur putri yang ikutan. Padahal, melalui ajang ini Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengcab Percasi) Kota Banjarmasin sedang mencari pecatur putri yang potensial untuk memperkuat tim catur beregu putri Kota Banjarmasin untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalsel 2017 di Kabupaten Tabalong.

                Sekretaris Umum pengcab Percasi Kota Banjarmasin, Saiful menuturkan walaupun hanya sekitar delapan pecatur putri yang ikutan ajang ini, pihaknya tetap melakukan pemantauan. “Kalau memang punya potensi untuk berprestasi di Porprov, tentunya akan kami rekrut. Setidaknya, dari ajang ini kami bakal memilih empat pecatur putri untuk memperkuat tim catur beregu putri Kota Banjarmasin untuk Poprov Tabalong,” ungkap Saiful.
                Menurut Saiful, empat pecatur putri tersebut nantinya akan kembali diseleksi untuk memilih dua yang terbaik. “Satu orang akan masuk tim, sementara satu lagi sebagai cadangan. Pecatur putri terbaik juga akan kami latih secara intensif,” tambahnya.
                Di sisi lain, Saiful tak menampik tetap mengapresiasi ajang kejuaraan catur yang diikuti oleh para pelajar SD, SMP, dan SMA/sederajat tersebut. “Ini sekaligus wujud kepedulian Pemko Banjarmasin dalam menumbuhkan bibit atlet catur bagi Kota Banjarmasin. Sehingga, di masa mendatang bisa diikutsertakan dalam berbagai kejuaraan catur lokal, nasional, maupun internasional,” ujarnya.
                Sementara itu, Syahnan mewakili Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Banjarmasin menyatakan para pelajar di Kota Banjarmasin memiliki bakat yang baik dalam bidang olahraga. Tidak hanya catur, pihaknya juga bakal menggelar berbagai kejuaraan cabang olahraga lain sebagai program pembinaan olahraga di Kota Seribu Sungai. “Ke depan direncanakan akan ada kejuaraan tenis lapangan dan sepakbola. Sebelumnya, kami juga sudah menggelar kejuaraan bulutangkis dan bola voli,” tandasnya.(oza)