Ulang Sukses Tahun Lalu

DAPAT EMAS: Lifter remaja Kalsel, Ahmad Sanusi 
berhasil meraih medali emas pada nomor pertandingan
kelas 56 kg di ajang Kejurnas Angkat Besi Remaja Bina
Satria 2017 di Bandung, Jabar, Rabu (27/4).
BANJARMASIN – Acungan jempol layak diberikan kepada lifter remaja Kalsel kelas 56 kg, Ahmad Sanusi. Betapa tidak, pada ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Angkat Besi Remaja Bina Satria 2017 di Soreang, Jabar, Sanusi berhasil meraih medali emas untuk angkatan snatch 96 kg. Melalui prestasi ini sekaligus mengulang sukses Sanusi yang tampil pada kejuaraan yang sama di Surabaya, tahun lalu. Kala itu, dirinya juga meraih medali emas pada angkatan snatch 95 kg.

Tak hanya itu, Sanusi juga meraih dua medali perak dari hasil angkatan clean and jerk dan total angkatan yang dilakukannya. Yakni, masing-masing mencapai bobot 115kg untuk clean and jerk dan total angkatan mencapai bobot 212 kilogram. Sebenarnya, Sanusi berpeluang menyapu bersih medali emas di kelas tersebut. Namun, angkatan clean and jerk dan total angkatan yang dicapai Sanusi hanya kurang sedikit dibandingkan dengan lifter tuan rumah, Saputra Ricko yang membukukan 121 kg pada clean and jerk, serta 216 kg pada total angkatan.
Sekretaris Pengurus Provinsi Persatuan Angkat Besi dan Binaraga Seluruh Indonesia (Pengprov PABBSI) Kalsel, Yudha Pribadi yang mendampingi para lifter remaja Kalsel di ajang tersebut menyatakan bangga dengan raihan prestasi ini. “Sanusi memang kami jagokan untuk tampil di kelas 56 kg. Hasilnya memuaskan, satu emas dan dua perak berhasil disabetnya,” ungkap pria yang akrab disapa Yudha ini kepada Radar Banjarmasin, Rabu (27/4).
Tak hanya Sanusi, Yudha menceritakan, ada satu lagi lifter Kalsel yang juga sukses meraih medali. Yakni, atas nama Hafirudin yang tampil di kelas 77 kg. “Hafirudin meraih satu medali perak dari angkatan clean and jerk mencapai 128 kg. Untuk medali perunggu diraihnya dari total angkatan mencapai 224 kg. Angkatan snatch Hafirudin hanya mencapai 96 kg dan menempatkannya di peringkat ke empat,” tuturnya.   
Selebihnya, M Ridwan, rekan Ahmad Sanusi yang juga turun di kelas 56 kg, harus puas berada di peringkat ke delapan dari 14 peserta. Senasib, lifter putra Kalsel kelas 69 kg, Misbahul Munir dan lifter putri Kalsel kelas 48 kg, Riska hanya berhasil meraih peringkat ke empat. “Dengan demikian, total medali yang diraih oleh lifter Kalsel pada ajang ini adalah lima medali. Yakni, satu emas, tiga perak, dan satu perunggu,” tandas Yudha.(oza)