Pelajari Aturan Judo Terbaru

BANTING: Suasana latihan judo di Dojo BHM Banjarmasin. 
BANJARMASIN - Aturan pertandingan beladiri memang terbilang cepat berubah dan mengalami perkembangan. Sebelumnya, cabang olahraga karate mengeluarkan peraturan terbaru terkait penjurian dan pertandingan, yakni menggunakan aturan versi World Karate Federation (WKF)  Januari 2017. Kini, cabang olahraga judo juga mengalami perubahan. Belum lama tadi, International Judo Federation (IJF) juga mengeluarkan aturan terbaru yang wajib diterapkan ke semua pertandingan judo di seluruh dunia.


Menurut Pengurus Bidang Pembinaan Prestasi (Binpres) Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (Pengprov PJSI) Kalsel, Jumadiono aturan terbaru dari IJF tersebut wajib dipelajari dan disosialisasikan. "Oleh karena itu, Pengurus Besar (PB) PJSI Pusat memanggil perwakilan pelatih dan wasit judo seluruh Indonesia untuk mengikuti seminar mengenai aturan baru tersebut. Pelaksanaan seminar pada 22-23 April di Bandung," ujar Jumadiono.

Dalam seminar tersebut, Pengprov PJSI Kalsel akan mengikutsertakan dua utusan. Yakni, Jumadiono sendiri selaku pelatih, serta Timothy selaku wasit. "Setiap daerah dibatasi hanya mengikutsertakan dua utusan. Kebetulan, untuk Pengprov PJSI Kalsel, yang diberi mandat adalah saya dan Timothy," urainya.

Dikatakan Jumadiono, usai mengikuti seminar tersebut, maka baik Jumadiono dan Timothy wajib mensosialisasikannya kepada para wasit dan pelatih judo se-Kalsel. "Konsepnya, ada kemungkinan nanti kami akan roadshow ke daerah-daerah untuk mensosialisasikannya. Namun, ada juga opsi lain, yakni mengadakan semacam workshop  wasit dan pelatih judo se-Kalsel untuk mensosialisasikan aturan baru tersebut," ujarnya.

Secara spesifik, Jumadiono mengaku tak sepenuhnya mengetahui apa saja perubahan dan tambahan dalam peraturan judo versi baru itu. "Yang saya tahu, aturan baru akan diterapkan di kejuaraan-kejuaraan judo yang dilaksanakan dalam waktu dekat ini, terutama Kejurnas Kartika Cup 2017 di Bandung, bulan depan. Termasuk pula pertandingan judo di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) X Kalsel 2017 di Kabupaten Tabalong," tandasnya.(oza)