Halidah Ulfah Sumbang Perunggu

BANGGA : Halidah Ulfah mendapatkan
medali perunggu pada nomor jalan cepat
putri 10 km di ajang Kejurnas Atletik 2017
di Jakarta, belum lama tadi. 
BANJARMASIN - Tim atletik Kalsel hanya meraih satu medali perunggu di ajang Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Atletik U18 dan U20 2017 yang dilaksanakan 20-24 April tadi di Lapangan Pemuda Rawamangun, Jakarta. Satu-satunya medali untuk tim Kalsel tersebut dipersembahkan oleh Halidah Ulfah yang bertanding di nomor jalan cepat 10km putri. Halidah masih kalah cepat atas atlet jalan cepat putri dari Jatim dan Jateng yang sukses meraih medali emas dan perak.


Pelatih dan pendamping tim atletik Kalsel, Komang, menjelaskan penampilan Halidah dinilai bagus lantaran sempat mengimbangi para atlet asal Pulau Jawa. "Halida mampu tampil sepadan dengan para atlet dari Pulau Jawa. Namun, pada saat menjelang garis finis, staminanya menurun," ujar Komang.

Komang menambahkan catatan waktu yang diciptakan Halidah untuk nomor pertandingan ini juga cukup baik. Yakni, 1 jam, 11 menit, dan 42 detik. "Catatan waktu Halida hanya terpaut sepersekian detik dengan juara 1 dan juara 2 nomor ini," urainya.

Selain itu, dari nomor pertandingan lempar lembing putri, Kalsel menurunkan Devita Kumala Tasya. "Devina meraih peringkat ke enam dengan jangkauan lemparan sejauh 33,90 meter. Jangkauan ini lebih baik dibandingkan pada saat Kejurprov Atletik Kalsel 2017 di Martapura, belum lama tadi. Yakni, sejauh 29 meter," ujarnya.

Sementara itu, di kategori putra, Kalsel menurunkan Muslim untuk nomor lari 100 meter dan Mudatsir untuk nomor pertandingan jalan cepat 10km. "Sayang, keduanya kalah di babak final," sambungnya.

Di sisi lain, Komang mengakui banyak kendala untuk mengikuti Kejurnas ini. "Salah satu kendala utamanya adalah dana. Oleh karena itu, PASI Kalsel hanya bisa mengikutsertakan empat atlet. Padahal, di Kejurnas banyak sekali nomor yang dipertandingkan," tandasnya.(oza)