Berupaya Dirikan Sekolah Catur

RIVAL: HM Rosehan NB dan M Amin menyempatkan
beradu catur usai Musprov Percasi Kalsel 2017 di Gedung
PWI Kalsel, Sabtu (15/4).
BANJARMASIN - Program jangka panjang dan jangka pendek sudah menjadi kerangka rencana di benak Ketua Umum Pengurus Provinsi Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengprov Percasi) Kalsel terpilih, M Amin. Salah satu yang bakal jadi fokus programnya adalah mengupayakan pendirian sekolah catur di tiap Kabupaten/Kota di Kalsel. Dengan demikian, akan mempermudah pembinaan dan pelatihan bagi para bibit-bibit pecatur yang ada di tingkat daerah.


Menurut pria yang akrab disapa Amin itu, program mendirikan sekolah catur tersebut bisa diwujudkan apabila semua pihak bisa saling mendukung. "Dengan kata lain, ada sinergi antara Percasi Kalsel, Percasi daerah, pemerintah daerah, maupun pihak swasta yang ada di masing-masing daerah. Karena, tidak bisa dipungkiri pembinaan atlet catur adalah tugas bersama," ujar Amin yang juga Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kalsel tersebut.

Amin menambahkan para pengurus dan pelatih catur di masing-masing daerah agar secepatnya melakukan pendataan atlet-atlet catur berprestasi di wilayah masing-masing. "Dengan demikian, akan semakin mempermudah dalam melakukan pembinaan berkelanjutan. Kalau perlu, harus ada seleksi dulu sebelum digembleng di sekolah catur," urainya.

Program lain yang dikatakan Amin juga tak kalah penting adalah berupaya mengagendakan kejuaraan catur yang dikemas layaknya liga sepakbola di tingkat Kabupaten/Kota se-Kalsel. "Di Kalsel ada 13 kabupaten/Kota. Seandainya setiap kabupaten/Kota melaksanakan kejuaraan liga catur setiap bulannya, maka dalam sebulan  akan ada 13 kejuaraan liga catur. Nantinya, setiap akhir tahun akan dilaksanakan kejuaraan liga pamungkasnya yang mempertemukan para jawara catur dari masing-masing Kabupaten/Kota," urainya.

Sementara itu, Ketua Pengprov Percasi Kalsel periode selanjutnya HM Rosehan NB berharap di bawah kepemimpinan Amin, Pengprov Percasi Kalsel bisa semakin maju. "Selain pembinaan atlet, tujuan paling penting di Percasi Kalsel adalah meloloskan atlet catur ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2020 di Papua. Saya optimistis Pak Amin mampu mewujudkan tujuan tersebut," harapnya.

M Amin terpilih sebagai Ketua Umum Pengprov Percasi Kalsel periode 2017-2021 usai menang suara atas petahana, HM Rosehan MB melalui agenda Musyawarah Provinsi (Musprov) Percasi Kalsel 2017. Agenda ini dilaksanakan di Aula PWI Kalsel, Sabtu (15/4). Dalam kesempatan itu, kedua tokoh ini juga membuka secara simbolis Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Catur Kalsel 2017 di lokasi yang sama.(oza)