PLN Siaga Pilkada Serentak

APEL SIAGA – Manajer PT PLN Area Banjarmasin, Taufan
Rakhmat Rahardjo menyematkan tanda PLN Siaga Pilkada
serentak 2015 kepada para personilnya, Selasa (8/12).
BANJARMASIN – Gelaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2015 mendapatkan perhatian khusus dari PT PLN Area Banjarmasin. Betapa tidak, mengantisipasi adanya kemungkinan gangguan pasokan listrik pada saat penyelenggaraan Pilkada Serentak di wilayahnya, PT PLN Area Banjarmasin sudah melakukan berbagai persiapan. Tak sekadar mempersiapkan personil kelistrikan, PT PLN Area Banjarmasin juga menyiapkan kelengkapan dukungan mesin kelistrikan seperti genset dan lampu magic.

    Manajer Area PT PLN Banjarmasin, Taufan Rakhmat Rahardjo menuturkan bentuk kesiapan jajarannya ini merupakan gerakan yang disebut PLN Siaga Pilkada. “PT PLN Area Banjarmasin turut mendukung kesuksesan Pemilukada serentak 2015. Untuk itu, kami melakukan sejumlah persiapan untuk mengantisipasi apabila terjadi gangguan daya listrik yang turut berpotensi menggangu jalannya Pilkada serentak 2015 besok (hari ini),” kata Taufan usai memimpin kegiatan Apel Siaga di halaman Kantor PLN Area Banjarmasin, Selasa (8/12).
    Taufan tak menampik gangguan listrik atau pemadaman listrik bisa saja terjadi pada saat sebelum atau sesudah pencoblosan. Untuk itu, pihaknya sudah menyiagakan sejumlah mesin genset berkapasitas besar sebagai antisipasinya. “Diantaranya, kami menyediakan mesin genset dengan daya 250 kilo watt di Kantor KPU Kalsel. Selain itu, ada juga belasan genset mobile  berdaya 2 kilo watt yang bisa di bawa ke kawasan-kawasan tempat bekerjanya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Di kantor-kantor PPK kami juga memasang lampu magic yang tetap bisa menyala walaupun listrik padam,” tambahnya.
    Sedangkan, untuk personil tenaga kelistrikan, PT PLN Area Banjarmasin menyiagakan sedikitnya 100 orang personil. “Mereka bertugas selama 24 jam untuk mengantisipasi apabila ada kerusakan jaringan atau gangguan listrik. Kami pastikan mereka merupakan para personil dengan kemampuan kelistrikan yang terampil, karena sebelumnya sudah kami berikan pelatihan,” tambahnya.
    Dengan demikian, Taufan berharap penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah kerja PT PLN Area Banjarmasin bisa berjalan lancar. “Kami juga berharap dukungan dan doa dari masyarakat Kalsel untuk menyokong kinerja PLN supaya bisa menyediakan pasokan listrik semaksimal mungkin,” tandasnya.(oza)