Cari Calon Wirausaha Peduli Sosial


SOCIAL ENTERPRENEURSHIP – DRC 2015 ajang mencari
calon wirausahawan muda berjiwa sosial.
BANJARMASIN –Menjadi wirausahawan sukses memang idaman banyak orang. Namun, untuk menjadi wirausahawan yang peduli dengan kondisi sosial masyarakat sekitarnya cenderung minim. Hal inilah yang menjadi fokus utama PT Nissan Motor Indonesia melalui brand mobil Datsun untuk menyelenggarakan kompetisi Datsun Rising Challenge (DRC) 2015. Yakni, sebuah kompetisi yang bertujuan mencari calon wirausahawan baru yang peduli terhadap kondisi sosial lingkungan sekitarnya alias social entrepreneurship.
                Indriyani Hadiwidjaya, selaku Head Datsun Indonesia menuturkan DRC 2015 ini merupakan yang kali kedua digelar. “Tahun lalu, DRC sudah sukses digelar di Pulau Jawa dan Sumatera. Nah, untuk penyelenggaraan tahun kedua ini, kami ingin mencari lebih banyak calon social entrepreneurship, tidak hanya dari Jawa dan Sumatera, tapi diperluas hingga ke Sulawesi dan Kalimantan,” ungkap Indriyani.
                Dikatakan Indriyani, konsep social entrepreneurship ini sekarang sedang tren dan banyak disosialisasikan. Pasalnya, selain mendatangkan keuntungan, juga memberikan manfaat yang luar biasa bagi kehidupan sosial masyarakat di Indonesia, terutama bagi yang masyarakat yang tergolong tidak memiliki pekerjaan atau penghasilan. “Melalui konsep social enterpereneurship inilah, kami ingin mengembangkan potensi masyarakat Indonesia. Selain itu, juga bisa memberikan sumbangsih sosial berupa motivasi dan kemampuan berwirausaha kepada masyarakat yang kurang beruntung,” paparnya.
                Untuk mengikuti DRC 2015, para peserta cukup mengirimkan proposal bisnisnya kepada panitia hingga 20 Januari 2016. “Nantinya, semua proposal bisnis yang masuk akan kami seleksi. Bagi pemilik proposal bisnis yang terpilih, akan kami karantina untuk mendapatkan pelatihan wirausaha. Nantinya, akan terpilih lima pemilik proposal bisnis terbaik secara nasional dan berhak mendapatkan hadiah berupa satu unit mobil Datsun Go+ Panca dan modal usaha senilai Rp50 juta,” sambungnya.
Indriyani berharap, dengan adanya kompetisi ini diharapkan akan memotivasi para calon wirausahawan muda berjiwa sosial di Kalimantan. “Saya yakin di Kalimantan banyak sekali calon-calon wirausahawan muda yang memiliki ide bisnis brilian, namun tidak meninggalkan bidang kepedulian sosial kemasyarakatan. Untuk mensosialisasikan DRC 2015 ini, kami juga akan melakukan roadshow ke beberapa kampus di Kalsel,” tandasnya.(oza)