Jalankan Strategi Cuci Gudang

BANTING HARGA – Program cuci gudang sering dimanfaatkan
oleh perusahaan ritel dalam menaikkan pencapaian omzetnya.
BANJARMASIN – Pangsa pasar produk busana memang sangat menjanjikan. Tak terkecuali di Kalsel, berbagai produk busana terus membanjiri pasar. Mulai dari tingkat eceran, hingga ritel pusat perbelanjaan sebagian besar menawarkan aneka produk busana. Untuk menjual sebanyak mungkin produk busana tersebut, sejumlah retail busana di Banjarmasin bahkan mengadakan program cuci gudang.

    Nana, supervisor sebuah retail ternama di Banjarmasin menuturkan program cuci gudang sebenarnya dilakukan setiap menjelang akhir tahun. “Tujuannya, untuk menghabiskan stok pakaian yang dijual di tahun sebelumnya. Namun, tidak jarang program cuci gudang ini juga dilakukan di momen yang lain, misalnya menjelang Lebaran, Natal, atau Imlek,” ungkap Nana kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
    Nana mencontohkan untuk saat ini pihaknya memanfaatkan momen peringatan kemerdekaan RI di bulan Agustus untuk melakukan cuci gudang. “Bedanya, stok pakaian yang kami jual dalam program cuci gudang kali ini bukanlah barang lama, tapi murni stok baru yang masuk sejak awal tahun tadi. Dengan kata lain, barangnya baru, tapi dijual dengan harga yang lebih murah dengan diskon cuci gudang,” urainya.
    Beragam jenis busana yang diijual dalam program cuci gudang tersebut. Diantaranya adalah kemeja, celana jeans, kaos, celana pendek, pakaian wanita, dan pakaian anak-anak. “Diskon cuci gudang kali ini mulai 20 persen hingga 50 persen. Selain itu, juga ada promo beli dua gratis satu,” tambahnya.
    Diceritakan Nana, program cuci gudang ini hanya berlangsung satu minggu. “Sekarang sudah berjalan empat hari. Alhamdulillah, antusiasme masyarakat dalam melakukan transaksi pembelian lewat program cuci gudang ini ternyata cukup tinggi. Target penjualan kami selama program cuci gudang ini hingga Rp200 juta,” tandasnya.
    Adanya program cuci gudang mendapatkan apresiasi dari para konsumen. “Kalau ada cuci gudang kan busana yang dijual harganya lebih murah. Sehingga, bisa belanja lebih hemat dan lebih banyak,” ungkap Rifdah, salah satu konsumen.(oza)