Misi Ekspedisi ke Pedalaman

PEMANTAPAN - Ketua KNPI Kalsel, Hasan Ismail memimpin
rapat koordinasi dengan perwakilan Menwa se-Kalsel membahas
kegiatan jelang HUT RI ke-70.
Bagi Buku ke Desa Terpencil di Meratus
BANJARMASIN – Dewan Pengurus Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kalsel tak pernah absen untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI). Termasuk pada momen HUT RI ke-70 tahun ini, organisasi ini sudah menyiapkan sejumlah agenda khusus di bidang kepemudaan. Namun, dari sejumlah agenda tersebut, salah satunya adalah misi khusus melakukan ekspedisi ke hutan pedalaman Kalsel.

“DPD KNPI Kalsel akan melakukan ekspedisi ke pedalaman hutan Desa Pipitak Jaya, Kecamatan Piani, di Kabupaten Tapin. Dijadwalkan, ekspedisi ke kawasan pedalaman tersebut akan dilaksanakan pada 22-23 Agustus ini,” ungkap Khalikin Noor, Panitia Pelaksana (Panlak) agenda KNPI Kalsel dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-70.
Pria yang akrab disapa Alek ini menuturkan, ada misi khusus yang dijalankan di balik ekspedisi ini. Yakni, memberikan buku bacaan kepada masyarakat Desa Pipitak Jaya.
“Sebagaimana diketahui, Pipitak Jaya termasuk daerah terpencil dan sulit dijangkau. Fasilitas pendidikan di sana sangat minim. Oleh karena itu, KNPI Kalsel akan memberikan bantuan buku bacaan kepada masyarakat setempat, terutama untuk anak-anak dan generasi muda di desa tersebut,” paparnya.
Menurut Alek, buku-buku yang akan disumbangkan tersebut akan dikumpulkan mulai sekarang. “Kami berkoordinasi dengan Menwa (Resimen Mahasiswa) se-Kalsel untuk mengumpulkan buku-buku. Caranya, dengan mengajak para mahasiswa menyumbangkan buku-buku bacaannya. Satu orang satu buku, lebih dari satu semakin baik,” sambungnya.
Di samping melakukan ekpedisi ke pedalaman Desa Pipitak Jaya, masih ada agenda lain yang bakal digelar dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-70. “Diantaranya, ada lomba futsal pelajar SMA sederajat, lomba baris berbaris antar dan pamungkasnya adalah pergelaran teater perjuangan di Gedung Budaya Banjarmasin. Semuanya dilaksanakan mulai Agustus ini hingga September nanti,” tambah Alek.
Ketua DPD KNPI Kalsel, Hasan Ismail menuturkan,  serangkaian agenda yang telah dijadwalkan tersebut adalah sebagai wujud realisasi KNPI Kalsel untuk memotivasi para pemuda dalam mengisi kemerdekaan RI. “Jangan sekadar seremonial dan acara hiburan, para pemuda wajib berbuat dan berkontribusi untuk mengisi nikmat kemerdekaan RI yang sudah dirasakan hingga saat ini,” kata Hasan.(oza)