Dukung Pembangunan Pelabuhan Eksim

MARYANTO
BANJARMASIN - Pemerintah Pusat berencana untuk melakukan pembangunan infrastruktur vital di tingkat daerah. Tak terkecuali di Kalsel, pemerintah pusat bakal membangun pelabuhan ekspor impor (eksim) di Kabupaten Tala. Dengan demikian,  keran eksim untuk kawasan regional Kalimantan dan Indonesia Tengah secara umum akan semakin lancar.


Rencana pemerintah untuk membangun pelabuhan eksim di Kabupaten Tala disambut gembira oleh Ketua Dewan Pengurus Cabang Asosiasi Pengusaha Bongkar Muat Indonesia (DPC APBMI) Kabupaten Tala, Maryanto. Menurutnya, dengan dibangunnya pelabuhan eksim tersebut, maka akan semakin memberikan kemudahan arus keluar masuk barang dari dalam dan luar negeri. "Selama ini kegiatan eksim selalu melalui pelabuhan yang ada di Pulau Jawa. Akibatnya, nilai barang eksim akan menjadi lebih mahal. Kalau ada pelabuhan eksim di sini, tentunya akan menekan biaya operasional eksim, sehingga harga barang eksim otomatis juga bisa ditekan," kata Maryanto kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.

Maryanto menuturkan sebagai insan maritim sekaligus pengusaha bongkar muat, pihaknya mendukung penuh program pembangunan pelabuhan eksim di Kabupaten Tala tersebut. "Pelabuhan eksim ini penting, karena akan sangat berperan meningkatkan ekonomi masyarakat Tala dan Kalsel secara umum. Selain itu, fasilitas ini juga bakal memotivasi kinerja para pengusaha bongkar muat lokal untuk memberikan pelayanan terbaik dan profesional," tambahnya.

Untuk itu, dalam waktu dekat, kata Maryanto, DPC APBMI Tala akan melakukan pendataan terhadap PBM lokal yang ada di Tala. "Intinya, harus dibina dan diketahui eksistensinya mulai sekarang. Karena, ketika pelabuhan eksim tersebut sudah dibangun, para PBM lokal di Tala harus benar-benar siap kerja," tandasnya.(oza)