Agustus, Berkah Buat EO


BANJARMASIN – Bulan Agustus nampaknya menjadi bulan yang paling menjanjikan buat para pengusaha bisnis Event Organizer (EO). Betapa tidak, pada bulan kemerdekaan RI inilah, banyak pihak yang menyelenggarakan berbagai kegiatan. Tidak hanya event berbentuk hiburan, event berupa edukasi, seminar, bahkan seremonial juga banyak digelar. Tak ayal, para pengusaha EO bakal meraup keuntungan berlipat.

                Menurut Wakil Ketua Bidang Organisasai Persatuan Pengusaha Event Organizer (Perpeo) Kalsel , Rikval Fachruri, bulan Agustus memang jadi ladang bisnis para pengusaha EO. “Banyak event bertema kemerdekaan yang digelar di bulan Agustus. Mulai dari pameran, launching produk, hiburan, konser, hingga seremonial resmi di kalangan pemerintahan,” urai Rikval kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
                Dikatakan Rikval biasanya pesanan untuk menggarap kegiatan di bulan Agustus sudah diberikan dua atau tiga bulan sebelumnya. Banyak pihak yang menginginkan agar di momen kemerdekaan RI ini acara yang dilaksanakan dapat dikemas secara menarik dan berkesan. “Jadi, bukan sekadar menggarap event biasa. Para pelaku bisnis EO harus benar-benar menawarkan konsep yang beda kepada klien, yang paling unik dan menarik, maka akan dapat proyeknya,” tambahnya.
                Di sisi lain, di tengah persaingan bisnis EO yang semakin sengit, Rikval tak menampik para pebisnis EO harus benar-benar jeli melancarkan strategi. “Diantaranya, harus benar-benar fokus merumuskan kesepakatan harga. Jangan sampai terlalu rendah, jangan juga terlalu tinggi. Dan yang paling penting, bisnis EO juga harus memiliki payung hukum resmi untuk menunjukkan kapabilitas dan profesionalismenya,” tandasnya.(oza)