Rental Mobil Panen Untung

SIAP PAKAI - Jasa rental mobil kerap kebanjiran
orderan ketika menjelang dan pasca Lebaran.
BANJARMASIN - Momen Lebaraan yang baru saja usai ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh para pemilik rental mobil di Banjarmasin. Betapa tidak, jeli menangkap kebutuhan transportasi untuk kebutuhan mudik dan pelesir selama Lebaran, para pemilik rental mobil otomatis mendulang untung berlipat. Pendapatan mereka semakin bertambah lantaran ada beberapa pelanggan yang bahkan menyewa mobil selama lebih dari sehari.


Seperti yang dituturkan oleh Iwan, salah satu karyawan sebuah rental mobil di kawasan Jalan Pangeran Hidayatullah Banjarmasin Utara. Iwan mengakui jelang dan pasca Lebaran, keuntungan yang diperolehnya meningkat dua kali lipat. "Banyak yang memerlukan mobil untuk mudik ke kampung halaman. Selain itu, juga ada pelanggan yang sekadar sewa mobil untuk kebutuhan jalan-jalan bersama keluarga setelah Lebaran," ungkap Iwan.

Dijelaskan Iwan, dirinya sempat kerepotan lantaran permintaan konsumen akan rental mobil yang melimpah dari bulan biasa. Untuk mengatasinya, Iwan terpaksa menyiagakan sejumlah armada tambahan supaya pelanggan tidak kecewa. "Kami punya enam unit mobil rental. Tapi, jelang Lebaran, kami siagakan lagi sekitar empat buah mobil pribadi untuk disewakan kepada pelanggan," paparnya.

Ditanyakan mengenai keuntungan bersih, Iwan enggan memaparkan secara rinci. Namun, walaupun permintaan dari konsumen mengalami peningkatan, Iwan mengaku tidak menaikkan tarif rental mobil miliknya. "Tarifnya tetap sama seperti biasa, yakni Rp300 ribu per hari. Kalau mau sewa bulanan bisa juga, yakni sekitar Rp7 jutaan per hari," tandasnya.(oza)