Pengawasan Berlanjut Usai Lebaran

AKRAB – Suasana buka puasa bersama YLK Kalsel dan
Disperindag Kalsel di penghujung bulan Ramadan beberapa
waktu lalu.
BANJARMASIN – Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel bersama Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Kalsel sepakat untuk terus menjalin koordinasi dalam hal pengawasan produk pangan yang beredar di Kalsel. Pengawasan ini dinilai sangat penting, mengingat pada bulan Ramadan tadi, baik Disperindag Kalsel maupun YLK Kalsel banyak menemukan berbagai produk makanan dan pangan yang tidak layak konsumsi. Untuk itu, pengawasan akan semakin gencar dilakukan, tidak hanya pada saat bulan Ramadan, tapi juga akan dilanjutkan usai Lebaran.

    Kepala Disperindag Kalsel, Hj Farida Wariansi menuturkan kerjasama pengawasan dengan berbagai pihak, termasuk dengan YLK Kalsel ini ternyata dinilai ampuh untuk melindungi masyarakat selaku konsumen. “Selama ini, ternyata konsumen di Kalsel masih banyak yang kurang memperhatikan kelayakan produk makanan atau pangan yang dijual di pasaran. Akhirnya, mereka menjadi dirugikan, karena produk makanan atau pangan yang dibeli ternyata tidak layak konsumsi,” ungkap Farida di sela-sela acara buka puasa bersama bersama YLK Kalsel, belum lama tadi.
    Farida menambahkan program pengawasan juga akan diperketat lagi. Terutama dengan melibatkan pihak-pihak yang peduli dengan hak-hak konsumen. “Sejauh ini, koordinasi antara Disperindag Kalsel dan pihak-pihak yang peduli dengan hak konsumen, termasuk YLK Kalsel semakin kuat. Diharapkan kerjasama dan pengawasan dengan pihak-pihak terkait tersebut ke depan akan semakin solid dan kuat,” tambahnya.
    Sementara itu, Ketua Umum YLK Kalsel, Hasby Mahbara menyatakan kesiapan timnya untuk terus mendampingi dan berkoordinasi dengan Disperindag Kalsel. “Selain ikut serta dalam tim, YLK Kalsel juga sudah memprogramkan pengawasan secara rutin pasca Lebaran ini. Sehingga, apabila ada keluhan dari konsumen atau temuan di lapangan, akan segera kami koordinasikan dengan pihak Disperindag Kalsel,” paparnya.
    Di sisi lain, Hasby juga terus mengimbau kepada masyarakat Kalsel agar menjadi konsumen cerdas. “Telitilah sebelum membeli, dan jangan biarkan hak-hak konsumen dikebiri oleh oknum pelaku usaha yang tidak bertanggung jawab,” imbaunya.(oza)