OKP Wajib jadi Pelopor Keamanan


SARASEHAN – Anggota kelompok Cipayung Plus wilayah
Kalsel dan OKP di bawah naungan KNPI Kalsel sepakat
untuk menjaga keamanan dan kedamaian di lingkungan
masyarakat.
BANJARMASIN – Potensi rawannya terjadi gangguan keamanan di lingkungan masyarakat bisa terjadi tanpa diduga-duga. Untuk itu, semua lapisan masyarakat wajib menjaga keamanan dan keamanan di lingkungan masing-masing. Gerakan untuk menciptakan lingkungan yang aman dan damai tersebut harus dimulai dari tingkatan elemen masyarakat yang sederhana. Salah satunya adalah di kalangan pemuda atau organisasi kepemudaan.
                Menurut Wakil Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel Bidang Penggalangan Opini dan Publikasi, M Hafizh Ridha, OKP di Kalsel diharapkan peduli dalam mewujudkan keamanan di lingkungan masing-masing. “Untuk itu, OKP di Kalsel wajib jadi pelopor keamanan dan kedamaian. Dengan demikian, akan menciptakan kondisi yang kondusif di kalangan masyarakat umum,” kata Hafiz di sela-sela acara Sarasehan kelompok OKP Cipayung Plus di Gedung KNPI Kalsel, Sabtu (25/7).
                Hafiz mencontohkan salah satu dampak apabila kalangan pemuda atau OKP kurang waspada terhadap isu-isu keamanan. Salah satunya adalah kasus pembakaran mesjid di Tolikara, Papua, pada saat salat Ied lalu. “Ini menandakan isu provokatif terlanjur berkembang di masyarakat, sehingga pecah kerusuhan bernuansa SARA. Nah, kami sebagai pemuda tentunya tidak menginginkan hal serupa terjadi di Kalsel. Sebagai pencegahannya, para pemuda, terutama OKP harus selalu waspada dan harus selalu menjaga keamanan lingkungan sekitarnya dari isu-isu provokatif yang menyesatkan,” tambah koordintaor Cipayung Plus wilayah Kalsel tersebut.
                Di sisi lain, Hafizh bersama rekan-rekan Cipayung Plus serta OKP lainnya yang bergabung di bawah KNPI Kalsel berkomitmen untuk tetap memberikan kontribusi positif kepada masyarkat dan pemerintah, terutama terkait keamanan dan kedamaian lingkungan. “Kami akan selalu berupaya memberikan yang terbaik yang dpat kami lakukan kepada masyarakat dan pemerintah. Kami juga berkomitmen untuk terus menggelorakan motivasi dan semangat kepada kawan-kawan kami di daerah untuk membangun Banua yang tercinta ini,” tandasnya.(oza)