Berupaya Akomodir Suara Konsumen

SERAP ASPIRASI - Anggota DPD RI asal Kalsel, Habib
Hamid Abdullah (tenga) kala meggelar halal bihalal dengan
keluarga besar YLK Kalsel.
BANJARMASIN - Persoalan mengenai perlindungan konsumen seolah tak pernah surut. Pasalnya, dari waktu ke waktu pasti ada konsumen yang dirugikan oleh para pelaku usaha. Baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, terang-terangan atau terselubung, praktik-praktik yang merugikan konsumen semakin lama semakin mengemuka.


Upaya penanggulangan terhadap praktik yang merugikan konsumen tersebut kini semakin gencar dilakukan di Kalsel. Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Kalsel bahkan secara pro aktif dan mandiri terus melakukan pemantauan dan pengawasan ke lapangan. Program YLK Kalsel tersebut kemudian mendapatkan perhatian penuh dari sejumlah pihak. Tidak hanya kalangan kedinasan, pejabat negarapun turut mengapresiasi sepak terjang YLK Kalsel dalam menegakkan hak konsumen.

Salah satu dukungan pejabat negara kepada YLK Kalsel bahkan datang dari senator asal Kalsel, yakni Habib Hamid Abdullah. Pria yang kini memegang posisi sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Kalsel di Jakarta itu bertekad untuk mengakomodir suara konsumen melalui YLK Kalsel. "Program-program YLK Kalsel pautu didukung semua pihak, termasuk dari pusat. Untuk itu, saya berupaya untuk mengakomodir suara konsumen di Kalsel ke Jakarta," ungkap pria yang akrab disapa Habib Hamid itu kala menggelar halal bihalal bersama keluarga besar pengurus YLK Kalsel di sebuah rumah makan di bilangan Kayutangi, Selasa (28/7) malam.

Habib Hamid menuturkan akan memperjuangkan hak-hak konsumen, terutama di Kalsel agar tidak lagi terjebak manipulasi para pelaku usaha yang curang. "Kalau bisa saya akan memperjuangkan agar anggaran untuk program perlindungan konsumen bisa diperbesar porsinya. Sehingga, ke depan akan semakin banyak konsumen yang cerdas, terdukasi, sekaligus menindak tegas praktik-praktik pelaku usaha yang curang," urainya.

Sementara itu, Ketua Umum YLK Kalsel, Hasby Mahbara mengaku senang ada senator Kalsel yang peduli terhadap suara konsumen. "Ini menandakan masih ada senator Kalsel yang benar-benar peduli akan nasib masyarakat atau konsumen di Kalsel. Mudah-mudahan, aspirasi yang kami sampaikan bisa diperjuangkan dengan lancar kepada pemerintah pusat," tandasnya.(oza)