Ayomi Agen dan Pengecer

SILATURAHMI – Suasana buka bersama yang digelar oleh
Pertamina Lubricants Banjarmasin dengan para agen dan
pengecer, beberapa waktu lalu.
BANJARMASIN - Banyak cara yang dilakukan untuk tetap menjaga stabilitas penjualan produk. Salah satunya dengan memberikan edukasi dan mengayomi mitra kerja. Hal inilah yang dilakukan oleh Pertamina Lubricants Banjarmasin. Untuk menjaga stabilitas penjualan berbagai produk pelumas Pertamina di pasaran, pihak Pertamina Lubricants Banjarmasin tak segan untuk saling berkoordinasi dengan para agen maupun pengecer.


Menurut Senior Sales Executive Manager Pertamina Lubricants Banjarmasin, Nugraha Windusena menuturkan soliditas antara pihaknya dengan agen dan pengecer harus diperkuat. "Soliditas ini sangat penting, sehingga penjualan pelumas Pertamina dari hulu hingga ke hilir tetap lancar dan aman. Nah, melalui momen kumpul-kumpul bersama agen dan pengecer seperti inilah diharapkan akan semakin mempererat tali silaturahmi," ungkap pria yang akrab disapa Nugi ini.

Nugi mengakui untuk saat ini penjualan pelumas industri memang sedang mengalami penurunan. Pasalnya, kegiatan industri yang menggunakan mesin-mesin besar seperti industri perkebunan, perkapalan, serta pertambangan di Kalsel tengah mengalami kelesuan. "Penurunan penjualan untuk pelumas industri bahkan sudah terasa sejak tahun lalu. Tidak hanya Pertamina, perusahaan dan distributor pelumas lainnya juga kena imbas yang sama," paparnya.

Oleh karena itu, pihaknya mengimbangi dengan memperkuat jaringan pemasaran pelumas retail untuk mesin kendaraan bermotor. "Alhamdulillah, produk pelumas Pertamina untuk kendaraan bermotor masih cukup stabil. Peningkatan penjualan pelumas kendaraan bermotor tersebut bahkan mengalami peningkatan jelang mudik Lebaran tadi," tambahnya.

Di sisi lain, Nugi dan timnya juga terus menggencarkan edukasi terkait penggunaan pelumas kepada para konsumennya. "Kami sangat mewanti-wanti konsumen agar selalu teliti dalam membeli pelumas. Karena, kalau tidak hati-hati, dikhawatirkan terbeli pelumas palsu yang kualitasnya tentu jelek. Oleh karena itu, belilah pelumas di agen atau pengecer resmi," imbaunya.(oza)