Siap Cetak SDM Perhotelan

SUPPLIER HOTEL - Aristo menunjukkan salah satu ruangan
kelas untuk pelatihan table manner di LPK Prima Mitra. 
BANJARMASIN - Pertumbuhan bisnis perhotelan di Kalsel semakin lama semakin mengalami peningkatan. Sayangnya, peningkatan tersebut masih belum diimbangi dengan jumlah Sumber Daya Manusia (SDM) bidang perhotelan. Oleh karena itu, di Kalsel diperlukan lembaga pendidikan atau pelatihan kerja untuk mencetak SDM andal di bidang perhotelan.


Keinginan untuk berkontribusi dalam mencetak SDM Perhotelan di Kalsel tersebut dipandang jeli oleh Aristo R Waney. Pria yang kenyang pengalaman memimpin sejumlah hotel di Kalsel itu mendirikan Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) bidang perhotelan Prima Mitra. "LPK Prima Mitra (PM) adalah LPK yang berkonsentrasi penuh di bidang pelatihan SDM perhotelan. Sehingga, ke depan siap mencetak SDM perhotelan yang kini semakin diperlukan di Kalsel," ungkap Aristo kepada Radar Banjarmasin, Jumat (26/6).

Dituturkan Aristo, LPK PM memberikan pendidikan perhotelan dari berbagai jenjang. Yakni, mulai dari program basic selama tiga bulan, hingga program pelatihan manajemen hotel selama satu bulan. "Dengan kata lain, pelatihan mulai dari front office, supervisor, hingga level manajer semuanya ada di LPK PM. Selain itu, kami juga buka kelas umum untuk bidang kepemimpinan, motivasi dan pengembangan diri, hingga outbond," urainya.

Aristo menambahkan LPK PM juga menjadi sarana dalam memudahkan perekrutan SDM perhotelan. "Dengan demikian, hotel-hotel yang tidak perlu susah-susah lagi mencari tenaga kerja. Bisa langsung merekrut siswa yang sudah kami latih," tambahnya.

Di sisi lain, LPK PM juga bergerak sebagai supplier khusus untuk perlengkapan hotel. "Mulai dari perlengkapan sanitasi, handuk, bed cover, security key lock, hingga peralatan komputerisasi untuk hotel tersedia di sini," tandasnya.(oza)