PLN Gencar Bersihkan Jaringan

PANJAT POHON - Petugas PLN sedang
membersihkan ranting yang menganggu
jaringan kabel listrik. 
BANJARMASIN – Menyadari pentingnya kelancaran penyediaan daya listrik untuk masyarakat Kalselteng, PT PLN Kalselteng melakukan kegiatan rintisan jaringan listrik. Kegiatan ini merupakan agenda pemeliharaan rutin dengan cara membersihkan kabel-kabel jaringan PLN dari ranting pohon, semak belukar, dan objek-objek lain yang berpotensi mengganggu kelancaran arus listrik.

    Menurut Asisten Manajer Sumber Daya Manusia dan Pelayanan Pelanggan PT PLN Kalselteng, Sigit Tri Witjaksono, program rintisan jaringan listrik ini semakin gencar dilaksanakan menjelang bulan Ramadan ini. “Kami ingin memastikan daya listrik tidak mengalami gangguan. Sehingga, masyarakat Kalsel dapat melaksanakan ibadah puasa dengan khusyuk dan tidak ada keluhan,” ungkap Sigit kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
    Sigit menceritakan secara teknis, jaringan kabel listrik PLN tersebar di banyak tempat. Yang rawan mengalami gangguan adalah di sepanjang jalan-jalan protokol yang banyak ditumbuhi semak belukar maupun terkena ranting pohon. “Semak belukar dan ranting pohon itulah yang kami bersihkan. Sehingga, tidak mengenai kabel jaringan listrik milik PLN. Semak belukar dan ranting pohon bisa menyebabkan jaringan listrik terganggu, bahkan yang paling parah bisa memutuskan kabel-kabel listrik apabila cuaca tidak bersahabat,” paparnya.
    Sigit mencontohkan, Jumat (12/6) lalu pihaknya telah melakukan rintisan jaringan di wilayah empat rayon PLN sekaligus. Yakni, PLN Rayon Lamang (Lambung Mangkurat), Rayon A Yani Banjarmasin, Rayon Gambut, dan Rayon Banjarbaru. “Di ke empat wilayah rayon tersebut, semak belukarnya sudah meninggi dan ranting pepohonannya juga semakin panjang. Untuk membersihkannya, kami mengerahkan sedikitnya 12 personil yang dibekali dengan perlengkapan kebersihan,” paparnya.
    Di sisi lain, Sigit mengimbau agar masyarakat Kalsel selalu bijak dan hemat dalam menggunakan listrik. “Jangan menggunakan atau menyalakan perabot elektronik secara berlebihan. Dengan menghemat penggunaan listrik, berarti turut membantu ketersediaan listrik di Kalsel sekaligus menghemat pengeluaran,” tandasnya.(oza)