Pelajari Etos Kerja Warga Singapura


BANJARMASIN – Singapura dikenal sebagai negara dengan sistem ekonomi paling kuat di Asia Tenggara. Tak ayal, kini Singapura menjelma menjadi salah satu pusat bisnis dan keuangan terkuat dunia. Keberhasilan dari sisi ekonomi tersebut tidak bisa dilepaskan dari kualitas etos kerja para warganya. Jiwa kedisiplinan dan keseriusan dalam bekerja warga Singapura patut dipelajari dan diteladani untuk diterapkan di Indonesia.

Hal itulah yang membuat Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) Citra Nusantara Banjarmasin mengajak para mahasiswa barunya untuk melakukan studi banding ke Singapura. ”Supaya sukses masuk di dunia kerja, bukan hanya bekal keahlian dan keterampailan yang harus dipersiapkan, tetapi sikap disiplin dalam etos kerja juga mutlak diperlukan. Untuk itu, kami mengajak para mahasiswa baru ASMI Citra Nusantara untuk melakukan study tour ke Singapura belum lama tadi,” ungkap Pimpinan ASMI Citra Nusantara Banjarmasin, Hasan Lubis.    
Dikatakan Hasan, Singapura menjadi pilihan tour karena negara kecil ini ekonominya lebih kuat dibanding negara Asia Tenggara lainnya. ”Salah satu yang menjadi target dari program tour ini adalah para mahasiswa diminta untuk mengamati bagaimana perilaku dan etos kerja keseharian warga Singapura. Sehingga, mereka bisa meneladaninya,” paparnya.
Selain untuk mempelajari etos kerja warga Singapura, study tour ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan komunikasi mahasiswa ASMI Citra Nusantara dalam berbahasa Inggris. Pasalnya, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua di Singapura. ”Mau tidak mau para mahasiswa wajib mempraktekkan kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris. Sehingga, bisa semakin memotivasi mereka untuk dapat menguasai Bahasa Inggris sebagai bahasa global di dunia kerja dan bisnis,” tandasnya.(oza)