Imbau Pemuda Perkuat Naluri Bisnis

SAID KAMARUZZAMAN
BANJARMASIN – Kalsel kini menjelma sebagai salah satu daerah yang jadi barometer aktivitas ekonomi dan bisnis di Kalimantan. Tak ayal, banyak potensi bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakatnya. Tidak hanya di bidang bisnis yang berkaitan dengan Sumber Daya Alam (SDA), di Kalsel juga makin banyak potensi bisnis yang berkaitan dengan industri kreatif. Namun, untuk mengelola potensi bisnis tersebut supaya menjadi keuntungan, diperlukan naluri bisnis yang kuat.
            Menurut tokoh pengusaha muda Kalsel, Said Kamaruzzaman, warga Kalsel, terutama para pemuda harus memiliki naluri bisnis yang kuat. Sehingga, setiap potensi bisnis yang ada di Kalsel dapat dimanfaatkan dengan baik dan tidak terlewatkan begitu saja. ”Naluri bisnis ini sangat penting untuk memulai dan mempelajari bisnis secara penuh. Sehingga, apabila kelak sudah terbiasa menggunakan naluri bisnis, maka akan semakin mudah dalam menjalankan bisnis sendiri,” ungkap Said kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.
            Said menuturkan untuk tahap awal mengasah naluri bisnis, cukup bidik bisnis skala kecil terlebih dahulu. ”Dengan kata lain, mulai dari yang sederhana dulu. Walaupun keuntungannya tidak seberapa, pengalaman dari memulai bisnis yang sederhana akan melatih untuk melangkah ke bisnis yang lebih besar,” ungkap pria yang juga Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Banjarmasin itu.
Apalagi, lanjut Said, sekarang teknologi semakin canggih. Sehingga, turut memberikan kemudahan dan keleluasaan untuk menjalankan bisnis. ”Misalnya, jualan dengan memanfaatkan toko online atau melakoni internet marketing. Kalau sudah mahir, modal juga sudah mencukup, tidak ada salahnya untuk mencoba bisnis yang lebih besar,” urainya.
Di sisi lain, Said juga berencana untuk menggelar kegiatan pelatihan wirausaha bagi pemuda bersama KNPI Kota Banjarmasin. ”Mudah-mudahan, dalam waktu dekat rencana tersebut dapat direalisasikan. Sehingga, ke depan akan semakin banyak lagi bermunculan wirausahawan muda di Kalsel,” tandasnya.(oza)