Disperindag Kalsel Libatkan YLK

SINERGISITAS - Kepala Disperindag Kalsel, Hj Farida Wariansi (kiri)
bersama Pengurus YLK Kalsel, Tubagus Suryawikadi kala melakukan
sidak di Pasar Kalindo, Senin (28/6).
BANJARMASIN - Sepak terjang Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Kalsel dalam menegakkan hak-hak konsumen semakin mendapatkan apresiasi. Bahkan, YLK Kalsel juga mendapatkan apresiasi khusus dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel. Hal ini dibuktikan dengan dilibatkannya personil dari YLK Kalsel dalam setiap agenda sidak (inspeksi mendadak) yang dilaksanakan oleh Disperindag Kalsel.


Kepala Disperindag Kalsel, Hj Farida Wariansi menuturkan pihaknya justru sangat terbantu dengan keberadaan YLK Kalsel. "Harus diakui program YLK Kalsel melaksanakan pantauan di lapangan sangat bermanfaat. YLK Kalsel kerap mendapatkan temuan barang tak layak konsumsi di pasaran, untuk itu Disperindag Kalsel merasa perlu melibatkan YLK Kalsel dalam agenda sidak ke pasar-pasar," ungkap Farida kala menggelar sidak ke sejumlah pasar tradisional dan modern bersama sejumlah SKPD dan YLK Kalsel, kemarin (28/6).

Dijelaskan Farida, program-program YLK Kalsel dalam membela hak-hak konsumen juga bisa menjadi sebuah sinergisitas yang baik dengan Disperindag Kalsel. "YLK Kalsel kan banyak mendapatkan keluhan atau laporan dari konsumen. Nah, berdasarkan keluhan tersebutlah bisa ditelusuri secara bersama-sama di lapangan. Selain itu, ini juga sebagai wujud kepedulian masyarakat yang diwakili oleh YLK Kalsel dalam mengedukasi konsumen," paparnya.

Sementara itu, perwakilan YLK Kalsel, Tubagus Suryawikadi turut mengapresiasi Disperindag Kalsel melibatkan YLK Kalsel dalam setiap agenda sidaknya. "Mudah-mudahan, ke depan sinergisitas yang sudah terjalin ini bisa semakin berkembang. Apalagi, tugas dalam menegakkan hak konsumen merupakan amanat undang-undang dan harus didukung semua pihak," tandasnya.(oza)