BI Jamin Pasokan Uang Aman

JUMPA PERS - Pimpinan BI Wilayah Kalimantan, Harymurthy
Gunawan (tengah) menjamin ketersediaan uang kartal di Kalsel
cukup untuk bulan Ramadan hingga Lebaran. 
BANJARMASIN - Memasuki bulan Ramadan dan Lebaran tahun ini, Bank Indonesia (BI) Wilayah Kalimantan melakukan tindakan antisipatif bidang moneter. Karena sebagaimana diketahui, kebutuhan masyarakat kerap mengalami peningkatan. Sehingga, keperluan akan uang kartal juga bakal mengalami lonjakan.


Pimpinan BI Wilayah Kalimantan, Harymurthy Gunawan menuturkan pihaknya menjamin ketersediaan peredaran uang kartal di Kalsel. "Layaknya tahun-tahun sebelumnya, BI telah melakukan tindakan antisipatif untuk mengatasi tingginya kebutuhan akan uang kartal di bulan Ramadan hingga Lebaran ini. Sehingga, masyarakat Kalsel tidak perlu risau akan kebutuhan uang kartal tersebut," ungkap Hary kala menggelar jumpa pers bulanan di Aula Lantai III Kantor BI Wilayah Kalimantan, Kamis (4/6).

Sayangnya, Hary enggan menginformasikan secara rinci berapa jumlah uang kartal yang disediakan oleh BI. Namun, Hary memastikan jumlahnya tidak jauh berbeda seperti tahun lalu. "Kalau tahun lalu sekitar Rp1 triliun, maka tahun ini juga kami siapkan Rp1 triliun. Kalaupun ada penambahan atau pengurangan, selisihnya tidak akan banyak," tambah Hary.

Selain itu, untuk memperlancar peredaran uang di masyarakat selama Ramadan hingga Lebaran nanti, BI juga akan mengaktifkan mobil kas keliling. Sehingga, memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk melakukan penukaran uang. "Dengan demikian, penukaran uang tidak hanya bisa dilayani di BI, tapi juga di sejumlah titik yang kami siagakan mobil kas keliling. Nantinya, mobil kas keliling tersebut akan ditempatkan di lokasi publik, terutama di pasar-pasar," paparnya.

Di sisi lain, Hary juga mengimbau kepada masyarakat Kalsel agar waspada terhadap peredaran uang palsu. "Kalau ada yang menemukan, silakan segera dilaporkan ke BI atau pihak keamanan," tandasnya.(oza)