YLK Kalsel Desak Inspeksi Beras


INSPEKSI MENDADAK - Beras sintetik dicurigai masuk 
pasar Kalsel.
BANJARMASIN – Beredarnya beras sintetik di Bekasi membuat resah masyarakat Kalsel. Pasalnya, peredaran beras tersebut dicurigai juga ada di Kalsel. Hal ini membuat Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) angkat bicara. Organisasi yang aktif membela hak-hak konsumen di Kalsel ini mendesak agar pihak-pihak terkait segera melaksanakan inspeksi mendadak (sidak), yakni Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kalsel serta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kalsel.
Sekretaris YLK Kalsel, Yusrin Erwanda menuturkan tidak menutup kemungkinan beras sintetiktersebut juga beredar di Kalsel. Apalagi, Kalsel sebagai pasar yang empuk lantaran tingkat konsumsi masyarakat Kalsel akan beras termasuk yang paling tinggi se-Indonesia. “Untuk itu, tidak perlu mengulur waktu lagi, segera dilakukan investigasi ke lapangan dengan mengadakan kegiatan inspeksi mendadak ke sentra-sentra penjualan beras di Kalsel. Karena, kalau ditunda-tunda dikhawatirkan konsumen Kalsel bisa menjadi korban,” ungkap Yusrin kepada Radar Banjarmasin, kemarin (19/5).

                Yusrin menjelaskan inspeksi tersebut sebagai salah satu tindakan pencegahan untuk memutus mata rantai distribusi beras sintetikdi Kalsel. Apalagi, dalam waktu dekat ini sudah memasuki bulan Ramadan. Dengan demikian, permintaan beras di Kalsel pasti akan semakin meningkat. “Lebih baik, sebelum Ramadan ini agar segera dilakukan sidak ke pasar-pasar. Dengan demikian, kegiatan sidak tersebut akan memutus mata rantai distribusi beras sintetikoleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab,” paparnya.
                Tidak hanya sebatas di kalangan perangkat pemerintah daerah, pengawasan dan penindakan juga dinilai akan semakin solid apabila melibatkan pihak. “Silakan Disperindag Kalsel atau BPOM Kalsel menggandeng pihak kepolisian dalam sidak tersebut. YLK Kalsel juga siap berkoordinasi dan membantu investigasi di lapangan,” tambahnya.
                Sementara itu, Kepala Disperindag Kalsel, Hj Farida Wariansi menuturkan akan segera mengagendakan kegiatan sidak ke pasar-pasar dalam waktu dekat ini. “Sidak ini memang kegiatan rutin yang kami laksanakan setiap bulan. Khusus menjelang bulan Ramadan, kegiatan sidak akan kami lakukan lebih intensif,” tandasnya.(oza)