Utamakan Kemampuan Komunikasi Bisnis

DITUNTUT PROFESIONAL – Para mahasiswa ASMI Citra Nusantara
menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Harkitnas,
beberapa wkatu lalu.  
BANJARMASIN - Ketatnya persaingan dalam berbisnis di zaman sekarang ini, menuntut setiap profesional agar mampu menguasai ilmu komunikasi bisnis. Pasalnya, tanpa penguasaan ilmu komunikasi bisnis yang mumpuni, maka bisa tertinggal dari percaturan dunia bisnis lokal, nasional, maupun internasional. Oleh karena itu, akademi bidang bisnis dan kewirausahaan semakin menekankan pengajaran ilmu komunikasi bisnis kepada para didikannya.

Menurut tokoh akademisi dari Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) Citra Nusantara Banjarmasin, Hasan Lubis, ilmu komunikasi bisnis ini mutlak dikuasai untuk menghadapi tantangan dunia bisnis yang semakin ketat. "Dengan kata lain, supaya mampu berkecimpung dalam dunia bisnis, seorang profesional harus menguasai sejumlah keahlian. Tidak hanya keahlian bidang teknologi informasi dan kewirausahaan, keahlian dalam bidang komunikasi bisnis juga harus dimiliki," ungkap Hasan.


Untuk itulah, para mahasiswa di ASMI Citra Nusantara Banjarmasin diajarkan mata kuliah komunikasi bisnis. "Dalam mata kuliah tersebutlah, mahasiswa dibimbing untuk dapat menguasai cara-cara berkomunikasi di bidang bisnis. Baik secara gestur, istilah-istilah, maupun komunikasi verbal. Mata kuliah ini juga diperkuat dengan mata kuliah bahasa Inggris sebagai bahasa global dalam dunia bisnis," paparnya.

Di sisi lain, beberapa waktu lalu, sebagai momen peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), para mahasiswa ASMI Citra Nusantara Banjarmasin juga mengadakan sejumlah kegiatan. Diantaranya, lomba debat bahasa Inggris, story telling, dan lomba karaoke lagu nasional. "Lomba-lomba tersebut untuk menumbuhkan rasa nasionalisme di kalangan mahasiswa dan untuk mempererat jalinan tali silaturahmi antar mahasiswa dan dosen. Sebagai acara puncaknya, ada lakon teatrikal dengan menggandeng Sanggar Kereta IAIN Antasari Banjarmasin," tandasnya.(oza)