Rutin Gelar Company Visit

KULIAH PRAKTIK – Mahasiswa ASMI Citra Nusantara kala
mengadakan program company visit ke PT adaro Indonesia,
di Kabupaten Tabalong. 
BANJARMASIN – Supaya siap memenuhi berbagai tantangan di dunia kerja, para mahasiswa tidak hanya diberikan pendidikan secara materi di kampus. Pendidikan secara praktik langsung ke lapangan kerja juga mutlak diberikan. Hal ini berfungsi agar para mahasiswa dapat mengetahui seluk beluk dan situasi kerja yang sesungguhnya. Untuk itu, banyak lembaga perkuliahan saat ini yang mengadakan program kunjungan langsung ke sejumlah perusahaan alias company visit.

    Seperti yang dilakukan oleh Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) Citra Nusantara Banjarmasin yang secara rutin mengadakan program company visit tersebut. Dengan memanfaatkan jaringan kemitraan dengan lebih dari seratus perusahaan yang ada di Kalsel, membuat ASMI Citra Nusantara Banjarmasin tak kesulitan dalam mengagendakan program company visit bagi para mahasiswanya. Andy Amrullah La Ode, Humas ASMI Citra Nusantara Banjarmasin menuturkan, program company visit ini lebih menekankan ke arah praktik ketimbang materi.
      “Tahun ini telah kedua kalinya ASMI Citra Nusantara Banjarmasin mengadakan program company visit ke Kota Tanjung Tabalong untuk melihat secara langsung proses proses kerja yang ada di PT ADARO INDONESIA. Kali ini yang melakukan kegiatan tersebut adalah mahasiswa di tingkat semester IV Jurusan Management Bisnis dan Sekretaris,” ungkap pria yang akrab disapa Andy ini kepada Radar Banjarmasin.
         
      Andy menjelaskan selama berada di lingkungan kerja PT Adaro Indonesia, para mahasiswa diajak untuk melihat kegiatan pertambangan batu bara. Diantaranya ke area view point (pemantauan aktivitas pertambangan), workshop (bengkel), dan green house yang merupakan lokasi pembibitan tanaman milik PT Adaro Indonesia. “Banyak pengalaman berharga yang diperoleh mahasiswa. Yakni, mereka dapat mengetahui ritme dan kondisi kerja di PT Adaro Indonesia, sekaligus mengaplikasikan ilmu yang mereka dapatkan dari kampus,” paparnya.
     
      Ke depan, program company visit ini akan terus dilanjutkan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan ke sejumlah perusahaan besar lainnya. Apalagi, kerjasama pihak ASMI Citra Nusantara dengan perusahaan yang ada di Kalsel selama ini terjalin dengan sangat baik. “Tidak jarang, mahasiswa ASMI Citra Nusantara Banjarmasin yang sudah semester akhir maupun yang sudah lulus langsung direkrut oleh perusahaan mitra. Tidak hanya memiliki kualifikasi yang sesuai, lulusan ASMI Citra Nusantara juga diakui mampu terjun langsung ke dunia kerja,” tandasnya.(oza)