Pastikan Sinyal Sebelum Ramadan

NET RALLY – Pengecekan kekuatan sinyal wajib dilakukan
untuk mengantisipasi lonjakan trafik komunikasi seluler
menjelang bulan Ramadan dan Lebaran.
BANJARMASIN – Layanan komunikasi seluler kerap mengalami peningkatan setiap bulan Ramadan hingga Lebaran. Tidak hanya komunikasi suara ataupun pesan singkat, layanan data juga kerap mengalami peningkatan. Untuk itu, perusahan operator seluler mulai mempersiapkan kualitas layanannya mulai sekarang.
    Seperti yang dilakukan oleh perusahaan operator seluler PT XL Axiata yang rajin melakukan pengecekan kualitas jaringannya tiap menjelang bulan Ramadan. Tahun ini, XL serentak melakukan pengecekan jaringan seluler di Jabodetabek, Malang, Padang, Makassar, dan Banjarmasin. Untuk di Banjarmasin, XL melakukan pengecekan kualitas jaringan selulernya secara mobile mulai dari Banjarmasin hingga ke Banjarbaru. “Kegiatan pengecekan kualitas sinyal seluler atu net rally ini memang menjadi agenda wajib yang kami laksanakan tiap tahun. Tujuannya tidak lain untuk memastikan kenyamanan para pelanggan kami agar tetap dapat berkomunikasi dengan lancar selama bulan Ramadan hingga Lebaran nanti,” ungkap Vice President XL North Region, Francky R Pakpahan.

    Metode yang dilaksanakan oleh tim XL dalam menguji kualitas sinyal adalah dengan menggunakan alat komputerisasi digital. Selama perjalanan pulang pergi dari Banjarmasin ke Banjarbaru, kekuatan sinyal XL dapat terdeteksi secara realtime. “Warna-warna yang mencolok yang ditampilkan di komputer menunjukkan tingkat kekuatan sinyal XL. Dari pantauan ini, kami dapat melihat bahwa sinyal untuk layanan data cenderung lebih tinggi dibandingkan sinyal komunikasi suara maupun pesan singkat,” tambahnya.
    Selain itu, tim XL juga memantau kondisi BTS (Base Tranceiver Station) yang ada di Kawasan Gambut. “Kami meningkatkan pengamanan di BTS. Karena, selama ini banyak perlengkapan BTS yang rawan dicuri. Hal ini tentu saja akan menurunkan kualitas sinyal yang dipancarkan dari BTS tersebut,” paparnya.
    Sementara itu, Francy memprediksi peningkatan komunikasi seluler selama Ramadan hingga Lebaran nanti akan mencapai antara 10 persen hingga 15 persen. “Secara nasional, XL mencatat trafik komunikasi seluler harian. Yakni, trafik SMS mencapai 525 juta SMS per hari, trafik suara hingga 470 juta menit per hari, sedangkan untuk trafik data mencapai 500 terabytes per hari,” tandasnya.(oza)