Travel Incar Konsumen Korporat

PANTAU PENJUALAN – Untuk memaksimalkan penjualan,
Deddy mengincar konsumen korporat. 
BANJARMASIN - Geliat bisnis travel dan ticketing online semakin marak di Kalsel. Tak ayal, hal ini menimbulkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Untuk itu, para pemilik usaha travel agent dan ticketing dituntut untuk lebih kreatif dan berinovasi demi menggaet calon konsumen.

Salah satu cara agar bisnis travel agent dapat menghadapi persaingan tersebut adalah dengan mengincar segmen konsumen korporat. Dengan kata lain, travel agent kini tak melulu jualan tiket secara satuan atau individual. Namun, langsung menjual tiket dalam jumlah banyak kepada konsumen korporat, yakni perkantoran, perusahaan, sekolah, maupun komunitas.


Pimpinan travel agent PT Tropis Grup, Dedy Subiantoro mengaku cara ini dukup ampuh. "Dengan menjual tiket ke konsumen korporat, omzet yang kami dapatkan lebih banyak. Selain itu, target penjualan juga lebih cepat tercapai," ungkap Deddy kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.

Deddy menuturkan konsumen korporat biasanya memiliki jadwal traveling berkala dan secara rombongan. Sehingga, harga jual tiketnya juga bisa sedikit ditekan. "Harga tiket yang dijual ke konsumen korporat lebih murah daripada harga tiket yang dijual ke konsumen individual. Sehingga, konsumen bisa lebih ekonomis dan efektif dari segi anggaran," paparnya.

Kendatipun demikian, Deddy tak menampik perlu modal besar dalam bisnis ini. "Setidaknya, pelaku usaha harus menyiapkan dana 50 persen sebagai deposit pembelian tiket korporat tersebut. Selain itu, supaya menjaga komitmen pembayaran dari konsumen korporat, kami memberlakukan sistem kontrak," tandasnya.(oza)