Jalin Sinergi Edukasi Nasabah

SILATURAHMI – Para pengurus YLK Kalsel beraudiensi dengan
Kepala OJK Kalsel, Ahimsa, beberapa waktu lalu.
BANJARMASIN - Persoalan antara pihak nasabah dan perbankan kerap mengemuka. Namun, tidak banyak yang berakhir dengan solusi. Terlebih, tingkat pengetahuan dan pengalaman sejumlah masyarakat akan produk dan jasa perbankan juga tak maksimal. Sehingga, membuat masyarakat sebagai nasabah sering dirugikan.

Untuk itu, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kalsel menyatakan keseriusannya dalam mengedukasi masyarakat Kalsel terkait produk dan jasa keuangan bank maupun non bank. Bahkan, OJK Kalsel juga siap merangkul pihak-pihak lain yang memiliki pandangan yang sejalan dalam melindungi hak-hak nasabah. "Oleh karena itu, salah satunya kami merangkul Yayasan Lembaga Konsumen (YLK) Kalsel. Karena, baik OJK Kalsel dan YLK Kalsel memiliki program yang sama yakni mencerdaskan dan melindungi hak-hak konsumen, nasabah juga konsumen," ungkap Kepala OJK Kalsel, Ahimsa.


Ahimsa menuturkan bentuk-bentuk edukasi kepada nasabah akan produk dan jasa perbankan bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan. "Diantaranya adalah dengan mengadakan seminar, sosialisasi, atau workshop kepada masyarakat. Sehingga, masyarakat bisa mengetahui seluk beluk produk dan jasa perbankan sebelum tertarik untuk mengaplikasikannya," paparnya.

Ahimsa juga menyadari peran YLK Kalsel yang selama ini menjadi celah solusi bagi sejumlah perselisihan yang merugikan konsumen. Termasuk para nasabah yang mengadu ke YLK Kalsel karena merasa dirugikan pihak lembaga keuangan. "Nah, di sinilah kami bisa saling berkolaborasi dan bersinergi. Sehingga, bisa mencarikan solusi yang terbaik bagi pihak nasabah dan juga lembaga keuangan," urainya.

Sementara itu, Sekretaris YLK Kalsel, Yusrin Erwanda menuturkan siap mendukung kinerja OJK Kalsel dalam mencerdaskan nasabah jasa lembaga keuangan. "Dengan adanya jalinan sinergisitas ini, tidak menutup kemungkinan apabila nanti ada aduan yang masuk ke meja YLK Kalsel, maka akan kami sampaikan juga ke OJK Kalsel," tandasnya.(oza)