HTSCS Cetak Mekanik Andal

YANG TERBAIK – Para juara HTSCS 2015 berfoto bersama
perwakilan tim mekanik PT Trio Motor.
BANJARMASIN – Untuk menguji kemampuan para siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) dalam bidang otomotif roda dua, PT Trio Motor (main dealer motor Honda Kalselteng) kembali mengadakan Honda Technical Skill Contest Student (HTSCS). Tahun ini, gelaran HTSCS memasuki tahun ke enam dan dilaksanakan pada 29-30 April lalu. Kontes pengetahuan dan kemampuan dalam bidang otomotif roda dua ini meliputi para siswa SMK se-Kalselteng. 

Senior Supervisor Technical Service Departement PT Trio Motor, Akhmad Fauzi mengatakan tujuan dilakukan event ini untuk meningkatkan kemampuan siswa SMK dalam bidang otomotif terutama sepeda motor. "Nantinya diharapkan setelah lulus memiliki kualitas dan siap untuk dipakai dalam dunia industri. Sehingga tidak sulit mencari pekerjaan. Selain itu, para peserta juga bisa mengaplikasikan ilmunya apabila ingin berwirausaha membuat bengkel sendiri," kata pria yang akrab disapa Fauzi ini.


Fauzi menjelaskan dari ratusan peserta tersebut akan dipilih tiga orang terbaik dan berhak mewakili Kalselteng di ajang yang sama di tingkat nasional di Jakarta. "Siswa SMK Kalimantan Selatan dan Tengah memiliki potensi yang sangat baik dalam bidang ini. Buktinya, sebelumnya ada peserta dari Kalselteng yang pernah meraih juara di tingkat nasional beberapa tahun yang lalu," jelasnya.

Lebih lanjut Fauzi menuturkan dalam kontes ini para peserta diuji dengan beberapa tes. Antara lain soal-soal teori dan kerja bangku (analisa teknik) sebagai dasarnya. Nanti, di babak final ditambah dengan ujian trouble shooting. PT Trio Motor juga memiliki komitmen untuk merekrut para peserta yang memiliki potensi setelah lulus sekolah. "Mereka akan diberikan kesempatan direkrut sebagai tenaga mekanik di PT Trio Motor," pungkasnya.

Dalam ajang HTSCS 2015, keluar sebagai juara pertama adalah siswa dari SMKN 2 Amuntai atas nama M Syaifullah. Kemudian untuk juara kedua dan ketiga masing-masing diraih oleh Ezhar Khairinnor (SMKN 1 Gambut) dan M Alamin Rahmadani (SMKN 2 Sampit).(oza)