Harga Beras Banjar Bakal Naik

FAVORIT MASYARAKAT - Harga beras Banjar diprediksi
bakal naik hingga mencapai Rp15 ribu per liter di saat
Ramadan nanti.
BANJARMASIN – Jelang bulan Ramadan yang diprediksi jatuh pada pertengahan Juni nanti sudah ditandai dengan kenaikan aneka sembako. Salah satu sembako yang kini mengalami kenaikan harga cukup signifikan adalah beras Banjar. Berdasarkan pantauan Radar Banjarmasin, harga beras Banjar di pasaran Kota Banjarmasin sudah mencapai di atas harga normal Rp12 ribu per liter. Misalnya, varian beras Unus Mayang dan Anjir yang kini dijual pedagang di kisaran Rp13 ribuan per liter.
    Darma, salah satu pedagang beras di Pasar Lama Banjarmasin menuturkan kenaikan harga beras Banjar ini disebabkan oleh berbagai macam faktor. “Yang jelas, harga beras naik karena mengimbangi harga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang pelan-pelan sudah naik duluan. Selain itu, stok beras Banjar juga semakin menipis lantaran banjir yang terjadi beberapa waktu lalu, sehingga menyebabkan tertundanya masa panen,” urai Darma.

    Seharusnya, kata Darma, panen beras Banjar sudah bisa dilakukan bulan depan. Namun, karena adanya banjir, tidak semua areal persawahan bisa sukses panen beras. ”Sementara, permintaan akan beras Banjar semakin mengalami peningkatan. Stok beras yang menipis ini tentu saja membuat harganya mengalami kenaikan, apalagi menjelang bulan Ramadan,” katanya.
    Darma memprediksi harga beras di bulan Ramadan mungkin bisa tembus hingga Rp15 ribuan per liter. ”Mudah-mudahan, hal ini tidak dijadikan ajang permainan yang memunculkan spekulan beras. Karena, kalau spekulan sudah bermain, dikhawatirkan harga beras Banjar menjadi tidak terkendali. Saya harap pemerintah daerah bisa melakukan pengawasan ketat,” harapnya.
    Sementara itu, Noor, warga Banjarmasin mengaku risau dengan kenaikan harga beras Banjar tersebut. ”Kalau harga beras naik, mau tidak mau harus keluarkan biaya tambahan. Karena, mau semahal apapun, saya harus tetap beli beras karena merupakan makanan pokok sehari-hari,” tandasnya.(oza)