Dukung Potensi SDM Daerah

BINA SDM - Pimpinan ASMI Citra Nusantara Banjarmasin,
Hasan Lubis (kanan) menyerahkan bantuan beasiswa pendidikan
kepada SMAN 1 Wanaraya, Kabupaten Batola. 
BANJARMASIN – Sumber Daya Manusia (SDM) yang terampil dan memiliki keahlian tak melulu datang dari ibukota. Tapi, putra dan putri yang ada di daerah juga memiliki potensi yang sama supaya mampu jadi SDM yang berkualitas. Hal inilah yang kerap luput dari pantauan pemerintah dan kalangan akademisi. Walaupun cenderung jauh dari kehidupan urban, para SDM dari daerah tidak bisa pandang sebelah mata.
    Menurut tokoh akademisi dari Akademi Sekretari dan Manajemen Indonesia (ASMI) Citra Nusatara Banjarmasin, Hasan Lubis, justru SDM dari daerah kini lebih banyak berkiprah di ibukota. Mereka mampu membuktikan diri sebagai SDM yang berkualitas, karena memiliki keahlian dan kemampuan yang tidak kalah dengan SDM asal perkotaan. ”Hal ini dibuktikan dengan banyaknya SDM dari daerah yang cepat diserap oleh perusahaan dan lapangan kerja yang ada di perkotaan. Mereka banyak berkarya di sektor industri, manufaktur, hingga berbagai lembaga pemerintah maupun swasta,” papar Hasan.

    Tak hanya itu, banyak SDM asal daerah yang juga mampu membuktikan diri menjadi wirausahawan yang mandiri. ”Kemampuan mereka semakin terasah karena membekali diri dengan ilmu akademik bidang kewirausahaan. Sehingga, ketika kembali ke daerah asal, bisa membuka usaha sendiri,” sambungnya.
    Di sisi lain, ASMI Citra Nusantara Banjarmasin juga memberikan perhatian khusus kepada bibit-bibit SDM yang ada di daerah. Salah satunya dengan menyelenggarakan program beasiswa pendidikan kepada para lulusan SMA di daerah. ”Contohnya, belum lama tadi, ASMI Citra Nusantara Banjarmasin memberikan bantuan beasiswa kepada lulusan berprestasi di SMAN 1 Wanaraya, Kabupaten Batola. Sekolah ini termasuk sekolah yang berada di daerah terpencil, namun memiliki lulusan dengan prestasi yang membanggakan, sehingga para lulusannya berpotensi untuk menjadi SDM yang berkualitas,” tandasnya.(oza)