Arahkan Investor ke Sektor Maritim


BANJARMASIN - Adanya konferensi yang menghadirkan investor dari Uni Eropa di Banjarmasin beberapa waktu lalu, disambut gembira oleh Ketua Badan Pengurus Cabang Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (BPC Hipmi) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Saiful Rahman. Menurutnya, ada potensi untuk menarik minat investor Uni Eropa tersebut dengan menawarkan sektor bisnis maritim.

Hal ini dikatakan Saiful bukan sekadar isapan jempol. Pasalnya, Kabupaten Tanbu memiliki potensi bisnis yang sangat menjanjikan dari bidang kemaritiman. Terlebih, bentang alam Kabupaten Tanbu yang memiliki kawasan pantai dan laut yang luas. Sehingga, sangat memungkinkan untuk mengembangkan bisnis kemaritiman seperti perikanan, perkapalan, maupun jalur transportasi laut.


"Potensi bisnis maritim inilah yang bakal kami perkenalkan kepada para investor Uni Eropa. Saya juga optimistis, program investasi dan kerjasama bisnis tersebut akan didukung oleh Pemkab Tanbu," ungkap Saiful kepada Radar Banjarmasin, belum lama tadi.

Saiful menuturkan potensi bisnis bidang kemaritiman seolah menjadi solusi di tengah lesunya aktivitas bisnis pertambangan di Kabupaten Tanbu. "Diharapkan, dengan adanya minat investor Uni Eropa tersebut, dapat memotivasi masyarakat Tanbu untuk mengembangkan dan memaksimalkan potensi maritim. Sehingga, ke depan bisa sekaligus semakin menyelaraskan dengan tujuan pemerintah yang bercita-cita memperkuat sektor maritim Indonesia," urainya.

Di sisi lain, Saiful tak menampik Kaabupaten Tanbu juga banyak menyimpan potensi bisnis lain yang bisa ditawarkan kepada pihak investor. "Antara lain, sektor perkebunan, pertanian, dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM)," tandasnya.(oza)